Resep Ongol-Ongol gula merah, Bisa Manjain Lidah

Leah Gill   14/11/2020 14:05

Ongol-Ongol gula merah
Ongol-Ongol gula merah

Lagi mencari ide resep ongol-ongol gula merah yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal ongol-ongol gula merah yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Hai semua. ketemu lagi dichannel youtube atha naufal, hari ini mama atha mau buat kue tradisional nih. mama mau buat kue ongol- ongol, nah mau tau kan. Cara membuat ONGOL ONGOL Tepung Tapioka. Tepung Beras Dan Gula Merah,Tanpa Telur,Jadi Camilan Enak, Coba Aja.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ongol-ongol gula merah, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan ongol-ongol gula merah enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah ongol-ongol gula merah yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Ongol-Ongol gula merah menggunakan 8 bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Ongol-Ongol gula merah:
  1. Siapkan 250 gr tepung sagu
  2. Sediakan 2 lt air
  3. Siapkan 11 sdm gula pasir
  4. Ambil 3 bh gula merah bulat besar
  5. Gunakan 3 bh daun pandan simpulkan
  6. Sediakan 2 bh kelapa muda parut kukus
  7. Siapkan secukupnya garam
  8. Ambil 1 ruas jahe bakar iris2

Ongol Ongol Tepung Tapioka Kue Tradisional Ongol Ongol Gula Merah. Singkong Dibikin Ini Enak Banget Bisa Untuk Jualan Sentiling. Cara Membuat Ongol Ongol Dari Hunkwe Porsi Pas. Cara Membuat Ongol Ongol Tepung Tapioka.

Cara membuat Ongol-Ongol gula merah:
  1. Kukus kelapa yg sdh dicampurkan dengan garam sampai matang. Sisihkan. (sy pake kelapa yg dikasih dr pohon saudara jd tingkat ketuaan kelapax ngak trll tua msh cenderung muda mkx msh manis rasax aq parut sendiri jadix warnax putih bersih gini)
  2. Masukkan tepung sagu dalam wadah cairkan dengan air saring kemudian tgu sampai mengendap buang air bagian atasx sisihkan
  3. Rebus air, gula merah, jahe dan daun pandan sampai mendidih kemudian masukkan gula pasir rebus lagi sampai mendidih
  4. Diwajan yg sudah diberi tepung sagu aduk hingga agak lembek kemudian masukkan air gula merah yg sdh direbus hingga mendidih sambil tepung sagu diaduk2 terus setalah mengental seperti lem naikkan keatas kompor masak lagi hingga mateng meletup2 aduk terus agak tdk gosong bagian bawahnya
  5. Seperti ini bentukx seperti lem kental dan lengket
  6. Siapkan wadah beri kelapa parut kemudian gulung ongol2 ke dalam kelapa hingga ongol2 menempel dikelapa pindahkan ke dalam piring
  7. Aq suka makanx dingin2 apalagi kalau lama didlm kulkas emmmmm nyamm nyammm
  8. Ini hasilx banyak bgt dapat 3 piring dan 1 tupperware sisax aq masak dengan rebusan santan dan jahe sprt wedang kemudian aq masukkin ongol2x emmmm nikmatttt
  9. Buka puasa hari ini tgl 20/06/16 pake ongol2 tapi kali ini dicampur tepung sagu, hunkwe dan tepung tapioka nyamm nyammm texturex lebih padet kenyal2 hhihi

Kue Ongol Ongol Sagu Paling Enak Kue Tradisional. Tuangkan adonan ongol-ongol ke dalam loyang yang sudah dilapisi dengan plastik. Biarkan sebentar hingga dingin dan memadat. Ongol-ongol gula merah siap untuk dinikmati. Begitulah resep dan cara membuat ongol-ongol yang empuk dan legit.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Ongol-Ongol gula merah yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved