Bagaimana Membuat Iga penyet Anti Gagal

Richard Gonzalez   12/09/2020 14:12

Iga penyet
Iga penyet

Lagi mencari ide resep iga penyet yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal iga penyet yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari iga penyet, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan iga penyet enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Iga penyet (English: Squeezed ribs) is Indonesian — more precisely Eastern Javanese cuisine — fried beef spare ribs served with spicy sambal terasi. The fried beef ribs is squeezed against a mortar filled with sambal, and usually served with lalab vegetables and steamed rice. It was first popular in East Javanese Surabaya city, and now has spread across Indonesia.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat iga penyet sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Iga penyet menggunakan 26 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Iga penyet:
  1. Siapkan 500 gram iga sapi, potong cuci bersih
  2. Siapkan 400 ml air
  3. Gunakan 2 lembar daun salam
  4. Gunakan 2 lembar daun jeruk
  5. Siapkan 5 butir cengkih
  6. Siapkan Kayu manis(sesuai selera)
  7. Siapkan 1 butir Biji pala
  8. Sediakan 1 ruas jahe memarkan
  9. Sediakan 1 sdt kecap manis
  10. Sediakan Bumbu halus:
  11. Gunakan 4 butir bawang putih
  12. Siapkan 1/2 sdt ketumbar
  13. Siapkan 1 cm kunyit di kupas
  14. Siapkan 3 cm jahe di kupas
  15. Ambil 3 cm lengkuas di kupas
  16. Gunakan 1 1/2 sendok garam
  17. Ambil Sambal:
  18. Sediakan 3 siung bawang merah
  19. Gunakan 1 siung bawang putih
  20. Gunakan 5 buah cabe merah keriting
  21. Ambil 10 buah cabe rawit(karna aku suka nya pedas)
  22. Ambil 1 butir tomat
  23. Ambil 1/2 sdt garam
  24. Siapkan 1 sdt terasi goreng/ di bakar
  25. Ambil 1 sdt gula merah
  26. Siapkan 2 buah jeruk limau

Bebek Penyet (Smashed Duck) Ayam penyet (Javanese for smashed fried chicken) is Indonesian — more precisely East Javanese cuisine — fried chicken dish consisting of fried chicken that is smashed with the pestle against mortar to make it softer, served with sambal, slices of cucumbers, fried tofu and tempeh. In Indonesia penyet dishes, such as fried chicken and ribs are commonly associated with Surabaya, the capital. Spicy stir fried petai and prawn. Stir fried kangkong with shrimp paste.

Cara menyiapkan Iga penyet:
  1. Rebus iga sapi dengan daun salam,daun jeruk, cengkih,biji pala, kayu manis dan jahe hingga mendidih. Angkat tiriskan, lumuri iga dengan bumbu halus tambah kan kecap manis, rebus kembali dengan air rebusan yang masih ada sampai iga empuk. Angkat dan sisihkan.
  2. Panaskan minyak goreng di atas wajan, goreng iga hinga matang angkat tiriskan.
  3. Sambal: tumis bawang merah, bawang putih,cabai merah, cabai rawit, dan tomat hingga layu,angkat haluskan bersama terasi, gula merah dan garam. lalu koreksi rasa dan tambahkan jeruk limau aduk rata.
  4. Kemudian taro iga di atas cobek bersama dengan sambal dan sajikan dengan nasi hangat.
  5. Selamat mencoba 😊

I was a tad disappointed by what appeared in front of my eyes. Further explanation is needed and promptly supplied by a more knowledgeable friend. The process of creating iga penyet involves boiling the ribs with herbs and spices till it is tender. Pick from different categories including Jawa, Bakar, Minang, Sup, Asian, Mee, and Snek! Looking at its signature ayam penyet, you will drool for sure.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Iga penyet yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved