Bagaimana Membuat Iga Penyet yang Lezat Sekali

Arthur Lowe   23/07/2020 08:02

Iga Penyet
Iga Penyet

Sedang mencari ide resep iga penyet yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal iga penyet yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari iga penyet, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan iga penyet enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Iga penyet (English: Squeezed ribs) is Indonesian — more precisely Eastern Javanese cuisine — fried beef spare ribs served with spicy sambal terasi. The fried beef ribs is squeezed against a mortar filled with sambal, and usually served with lalab vegetables and steamed rice. It was first popular in East Javanese Surabaya city, and now has spread across Indonesia.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah iga penyet yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Iga Penyet memakai 28 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Iga Penyet:
  1. Gunakan 700 gr Iga sapi
  2. Siapkan Secukupnya minyak goreng
  3. Ambil Bahan presto A
  4. Sediakan 10 butir bawang merah
  5. Gunakan 5 siung bawang putih
  6. Sediakan 1 sdm ketumbar
  7. Siapkan 5 butir kemiri
  8. Ambil 1 ruas jahe
  9. Ambil 2 ruas kunyit
  10. Siapkan 1 sdt merica bubuk
  11. Ambil Secukupnya garam
  12. Sediakan Secukupnya kaldu jamur totole (optional)
  13. Siapkan 2-3 gelas air
  14. Sediakan Bahan presto B
  15. Gunakan 1 jempol lengkuas, geprek
  16. Ambil 2 batang sereh, geprek
  17. Siapkan 1/2 sdm cengkeh
  18. Gunakan 2 lembar daun salam
  19. Ambil 4 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
  20. Sediakan Bahan sambal terasi
  21. Siapkan 25 cabe merah keriting (sesuai selera)
  22. Siapkan 20 rawit merah (sesuai selera)
  23. Siapkan 7 butir bawang merah
  24. Gunakan 4 siung bawang putih
  25. Siapkan 1 bungkus kecil terasi abc
  26. Siapkan 1 sdm gula merah sisir
  27. Siapkan Secukupnya garam
  28. Sediakan 1 buah jeruk limo (optional)

Masakan indonesia yang pasti dimakan at least seminggu sekali. Kalo bosen beli diluar, bisa juga coba bikin sendiri. Menu iga penyet seakan menjadi trend beberapa tahun belakangan. Dimana-mana banyak bermunculan rumah makan dengan spesialisasi menu iga penyet yang disajikan di atas cobek dengan sambal bawang yang pedas.

Cara membuat Iga Penyet:
  1. Haluskan bumbu presto A, siapkan air di panci presto, masukkan bumbu A yang sudah dihaluskan dan bumbu B, masukkan iga sapi, presto kurang lebih 2-2.5 jam dengan api kecil sampai air menyusut dan iga empuk, bisa pakai slow cooker semalaman jika malas menunggu presto
  2. Setelah iga empuk dan air menyusut, angkat iga lalu oleskan iga dengan sisa2 bumbu di panci presto
  3. Goreng iga sebentar dalam minyak terendam dengan api sedang sampai iga kecoklatan, angkat, tiriskan
  4. Goreng bahan sambal (kecuali gula merah dan garam) sebentar saja sampai layu
  5. Setelah digoreng, ulek seluruh bahan sambal beserta gula merah dan garam, beri perasan jeruk limo agar sambal lebih segar
  6. Penyet iga dan sambal di atas cobek (lebih enak), jika iga dan sambal ingin dipisah juga tidak apa2. Sajikan dengan lalapan.

Warung LEKO terinsiprasi dari masakan penyet dari Surabaya, dimana warung Leko adalah pelopor Iga Sapi Penyet pertama di Indonesia. Comes with tofu, tempeh, cucumber and crumbs. Your choice of chili sambal and peanut s. Bebek Penyet (Smashed Duck) Salah satu menu favorit yang sering dipesan oleh pelanggan Kedai Kayumanis yang terletak di Matraman adalah Iga Penyet. Ya, menu nasi box iga penyet, pilihan menu makan siang yang tepat.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat iga penyet yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved