Resep Gulai ikan gabus campur kacang panjang &labu kuning yang Lezat Sekali

Olga Flores   20/06/2020 23:09

Gulai ikan gabus campur kacang panjang &labu kuning
Gulai ikan gabus campur kacang panjang &labu kuning

Anda sedang mencari ide resep gulai ikan gabus campur kacang panjang &labu kuning yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal gulai ikan gabus campur kacang panjang &labu kuning yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari gulai ikan gabus campur kacang panjang &labu kuning, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan gulai ikan gabus campur kacang panjang &labu kuning yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Gulai Ikan Campur Kacang Panjang - Kali ini kita akan membuat gulai ikan tuna campur kacang panjang khas Padang, pengen tau cara membuatnya? silahkan. Ikan gabus lainnya yang populer di kalangan banyak orang adalah channa gachua atau ikan gabus bogo. Selain karena ukurannya yang kecil dan pertumbuhannya yang cepat, ikan gabus bogo juga dipilih karena warnannya yang cantik.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan gulai ikan gabus campur kacang panjang &labu kuning sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Gulai ikan gabus campur kacang panjang &labu kuning memakai 20 jenis bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Gulai ikan gabus campur kacang panjang &labu kuning:
  1. Sediakan 500 gr ikan gabus
  2. Gunakan 1 jeruk nipis
  3. Gunakan 500 gr labu kuning yg muda
  4. Ambil 1 ikat kacang panjang
  5. Ambil 1 daun kunyit
  6. Sediakan 4 daun jeruk
  7. Sediakan 2 daun salam
  8. Ambil 1 cm lengkuas uk jempol kaki digeprek
  9. Gunakan 1 sereh digeprek
  10. Ambil 1 sdm bumbu kari bubuk
  11. Gunakan Secukupnya garam
  12. Ambil 1/2 sdt gula
  13. Ambil 1000 ml santan sedang
  14. Sediakan 🌰bumbu halus
  15. Sediakan 12 cabe hijau (cabe muda)
  16. Gunakan 5 cabe rawit
  17. Ambil 12 bawang merah
  18. Gunakan 8 bawang putih
  19. Ambil 3 cm kunyit ukuran telunjuk
  20. Siapkan 2 cm jahe uk jempol

Sensasi memancing ikan gabus memang terasa luar biasa disebabkan karena ikan air tawar bersifat predator ini memiliki tarikan yang begitu kuat dan mantap. Oleh sebab itu banyak orang yang gemar memancing tertarik mencari referensi terbaik terkait dengan umpan ikan gabus yang bisa digunakan. Kacang panjang merupakan tumbuhan yang dijadikan sayur atau lalapan. Ia tumbuh dengan cara memanjat atau melilit.

Cara membuat Gulai ikan gabus campur kacang panjang &labu kuning:
  1. Bersihkan ikan,lalu beri perasan air jeruk nipis dan secukupnya garam..biarkan sekitar 15 menit supaya bau amis hilang
  2. Masukkan santan ke dalam wajan lalu masukkan bumbu halus,daun jeruk,daun salam,daun kunyit,sereh geprek,lengkuas geprek,bumbu kari, 1 sdm garam halus dan gula…aduk rata lalu masak hingga mendidih….terus aduk selama 10 menit..lalu masukkan ikan dan potongan labu kuning..sesekali diaduk supaya santan tidak pecah…serelah kembali mendidih..cek rasa
  3. Setelah rasa ikan dan santan telah menyatu lalu masukkan kacang panjang…aduk pelan hingga kacang lunak tapi tidak layu…matikan api

Bagian yang dijadikan sayur atau lalapan adalah buah yang masih muda dan serat-seratnya masih lunak, kacang panjang ini mudah didapati di kawasan panas di Asia. Apakah Anda pernah makan ikan gabus? Ternyata ikan gabus lebih baik dari ikan bandeng atau ikan kakap. Penasaran, apa saja manfaat ikan gabus? Ikan gabus sangat kaya akan albumin, salah satu jenis protein penting bagi tubuh manusia.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Gulai ikan gabus campur kacang panjang &labu kuning yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved