Cara Gampang Menyiapkan Kue Lupis, Sempurna

Emma Holt   16/07/2020 22:29

Kue Lupis
Kue Lupis

Anda sedang mencari ide resep kue lupis yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal kue lupis yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kue lupis, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan kue lupis yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Dari kecil suka banget sama jajan Pasar satu ini. Ngangenin dan bikin ngiler walau hanya liat dari gambarnya saja. 😁 Yukkk man teman bikin sendiri. Lapis Pulut Kue Khas Kalimantan Yang Dinantikan Pada Hari Raya, Simak Cara Membuatnya.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat kue lupis yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Kue Lupis menggunakan 16 jenis bahan dan 16 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Kue Lupis:
  1. Ambil 500 gr Beras Ketan
  2. Ambil 750 ml Air Pandan(Air +5 Lembar Daun Pandan di blender)
  3. Sediakan 1 Sdt Garam
  4. Gunakan 1/4 Sdt Pasta Pandan
  5. Sediakan Secukupnya Daun Pisang
  6. Gunakan Secukupnya tusus gigi/tali rapia
  7. Gunakan 4 Liter air untuk merebus
  8. Ambil 1 Lembar Daun Pandan di simpul
  9. Siapkan 250 gr Kelapa parut
  10. Gunakan 1/4 Sdt Garam
  11. Gunakan 👉 Kinca
  12. Sediakan 300 gr Gula Merah/Gula Kawung
  13. Gunakan 100 gr Gula Pasir
  14. Sediakan 300 ml Air
  15. Ambil 1 lembar Daun Pandan disimpul
  16. Sediakan 2 Sdt Tepung Jagung/Maizena (larutkan dengan 2 Sdm Air)

Resep Kue Lapis - Anda dapat membuat kue sebagai camilan yang menemani waktu bersantai Anda. Lihat juga resep Kue Lapis Pulut enak lainnya. Kue lapis merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang begitu disukai banyak orang karena terkenal kelezatannya dan rasanya yang khas. Disclaimer: This is not a cake for the faint-hearted, not for those who are watching their weight and worrying about their waist/hip lines.

Cara membuat Kue Lupis:
  1. Siapkan semua bahan-bahan
  2. Cuci beras ketan, kemudian rendam dengan air jus pandan yang telah di saring, dan Pasta Pandan. Rendam selama 30 Menit.
  3. Masukan Gula Merah, Gula Pasir, Daun Pandan dan air kedalam panci, rebus sampai mencair.
  4. Saring air gula merah, tuangkan larutan maizena aduk rata dan didihkan kembali sampai mengental. Angkat dan dinginkan.
  5. Campurkan Kelapa parut dengan garam, aduk rata, kemudian kukus selama 15 menit. Angkat dan biarkan dingin. Sisihkan
  6. Lap daun dengan tisu dapur dan gunakan sedikit minyak sayur. Lalu bakar sebentar di atas api kecil sampai daun pisang Layu.
  7. Saring dan tiriskan beras ketan yang telah di rendam tadi.
  8. Masukan Garam,aduk rata.
  9. Ambil selembar daun pisang, lipat dari ujung, sampai membentuk kerucut. Kemudian masukkan beras ketan, lipat dan padatkan jangan sampai berlubang/bocor Karena beras bisa berceceran ketika di rebus nanti,dan kue lupis jadi lembek. Bentuk segitiga seperti dalam gambar 👇. Kemudian sematkan dengan tusuk Gigi
  10. Buat sampai habis.
  11. Didihkan air bersama daun pandan.
  12. Masukan bungkusan beras ketan kedalam air mendidih, dan Rebus selama 10 menit. Matikan api, Tutup Panci,dan biarkan selama 30 Menit.
  13. Hidupkan kembali api,dan rebus kembali lupis selama 10 menit. Setelah itu Matikan api dan tutup. Biarkan selama 30 Menit. Buka tutup panci.
  14. Angkat dan tiriskan lupis. Biarkan sampai dingin.
  15. Buka kue lupis, gulingkan kedalam kelapa parut yang telah di kukus tadi. Sajikan lupis dengan air gula merah/ kinca.
  16. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat 😘😘😘

Kue lupis konon telah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Kue ini juga diklaim menjadi Hingga kini, lupis masih bertahan eksistensinya bersama dengan kue basah tradisional lainnya. Papan terbaik milik kue lupis enak. cursed image indonesia. Ide lain dari kue lupis enak. Rasa dari kue lupis ini memang mempunyai karakter tersendiri.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat kue lupis yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved