Bagaimana Menyiapkan Kue Putri Mandi Ubi Kuning, Lezat

Amanda Fields   13/09/2020 23:10

Kue Putri Mandi Ubi Kuning
Kue Putri Mandi Ubi Kuning

Sedang mencari inspirasi resep kue putri mandi ubi kuning yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal kue putri mandi ubi kuning yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Putri mandi ubi ungu merupakan salah satu kue tradisional yang bahan dasar pembuatannya menggunakan ubi jalar ungu yang dipadukan dengan tepung beras ketan. Isian dari kue tradisional ini adalah potongan gula merah, lalu ditambahkan dengan vla santan kental yang menjadikan kue ini. Namanya unik, Putri Mandi Labu Kuning.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kue putri mandi ubi kuning, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan kue putri mandi ubi kuning enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat kue putri mandi ubi kuning sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Kue Putri Mandi Ubi Kuning memakai 26 jenis bahan dan 11 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Kue Putri Mandi Ubi Kuning:
  1. Siapkan Bahan kulit:
  2. Ambil 150 gr tepung ketan
  3. Ambil 80 gr ubi kuning
  4. Siapkan 120 ml santan hangat kekentalan sedang
  5. Gunakan Secukupnya garam
  6. Sediakan 2 sdm buah naga
  7. Siapkan 1 ruas kunyit
  8. Ambil 1 sdt kopi bubuk
  9. Ambil Secukupnya vanili bubuk
  10. Siapkan Secukupnya wijen hitam
  11. Ambil Bahan unti kelapa:
  12. Sediakan 1/2 butir kelapa parut
  13. Sediakan 1 buah gula jawa
  14. Gunakan Secukupnya garam
  15. Siapkan Sedikit air
  16. Sediakan Bahan vla biru:
  17. Sediakan 200 ml air
  18. Gunakan 50 ml santan
  19. Gunakan 3 kuntum kembang telang
  20. Sediakan 1 sdm maizena
  21. Siapkan Secukupnya garam
  22. Gunakan Bahan vla putih:
  23. Sediakan 200 ml air
  24. Ambil 50 ml santan
  25. Sediakan 1 sdm maizena
  26. Ambil Secukupnya garam

Putri Mandi Ubi Ungu Sekali-kali, boleh dong kita buat camilan tradisional Putri Resep kali ini adalah kue bugis yg terbuat dari ubi jalar, Yaitu ubi oren, ubi ungu dan ubi kuning/putih, yang. Lihat juga resep Donat ubi kuning super empuk enak lainnya. Liat ibu ngukus ubi kuning,akhirnya dibikinlah ini donat. Gak disangka responnya bagus banget,banyak yg repeat order.

Langkah-langkah menyiapkan Kue Putri Mandi Ubi Kuning:
  1. Bakar kunyit supaya rasa langunya hilang kemudian parut.
  2. Rebus air bersama dengan kembang telang.
  3. Siapkan buah naga saring ambil airnya.
  4. Siapkan kopi saring ambil serbuk halusnya. (Lupa ga difotoin 🤭).
  5. Buat unti kelapanya. Didihkan air, garam, vanili dan gula merah hingga larut. Masukkan kelapa parut aduk-aduk hingga rata sampai air habis. Sisihkan dan biarkan hingga dingin.
  6. Kukus ubi hingga matang, biarkan dingin kemudian haluskan.
  7. Campur tepung ketan dan ubi kuning hingga rata. Masukkan santan dan garam uleni hingga rata. Ambil adonan sesuai kebutuhan, masing-masing beri pewarna.
  8. Ambil sedikit adonan kuning, beri isian unti kelapa tutup kembali bentuk bulat. Buat bulatan kecil untuk kepala bebek. Ambil adonan pink/ coklat untuk sayap dan paruh bebek. Tempel matanya dengan menggunakan wijen hitam.
  9. Panaskan kukusan, alasi tutup dandang dengan serbet. Kukus kue selama 10-15 menit atau hingga matang. Agar kue tidak melebar ganjal tutup dandang dengan spatula.
  10. Campur masing-masing bahan vla hingga meletup-letup. Matikan kompor, tunggu hingga dingin. (Lupa ga difotoin jg. 🤭)
  11. Sajikan kuenya bersama dengan vla biru dan putih.

Resep kue mangkuk ubi jalar yang empuk dan mudah dibuat. Resep yang kali ini saya bagi untuk anda adalah kue mangkuk yang menggunakan ubi jalar kuning sebagai campuran bahannya. Blog Diah Didi berisi resep masakan praktis yang mudah dipraktekkan di rumah. Paling sukaaaaa.dengan jajan pasar tradisional ini.lembutt dan gulanya lumeerr di mulut. JAKARTA, KOMPAS.com - Putri mandi adalah salah satu kue tradisional Indonesia.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Kue Putri Mandi Ubi Kuning yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved