Resep Iga Goreng Penyet yang Sempurna

Allen Mathis   14/07/2020 02:36

Iga Goreng Penyet
Iga Goreng Penyet

Anda sedang mencari ide resep iga goreng penyet yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal iga goreng penyet yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Masing-masing jenis iga penyet tersebut menawarkan sensasi rasa yang berbeda-beda. Iga penyet (English: Squeezed ribs) is Indonesian — more precisely Eastern Javanese cuisine — fried beef spare ribs served with spicy sambal terasi. The fried beef ribs is squeezed against a mortar filled with sambal, and usually served with lalab vegetables and steamed rice.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari iga goreng penyet, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan iga goreng penyet yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah iga goreng penyet yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Iga Goreng Penyet memakai 17 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Iga Goreng Penyet:
  1. Siapkan 1 kg daging iga (yg sudah di presto selama 30 menit)
  2. Ambil 6 siung bawang putih
  3. Sediakan 1 jari kunyit
  4. Ambil 1 ruas lengkuas
  5. Gunakan 2 lmbr daun salam
  6. Ambil 1 sdm penyedap rasa / sesuai selera
  7. Gunakan Secukupnya garam
  8. Ambil Bahan sambal penyet
  9. Ambil 100 gr cabe merah kriting
  10. Sediakan 15 bh cabe rawit domba
  11. Ambil 10 siung bawang merah
  12. Sediakan 2 bh tomat merah
  13. Siapkan 1/2 sdm terasi
  14. Ambil 1 sdm gula putih/ sesuai selera
  15. Sediakan Secukupnya garam
  16. Siapkan 1 bh jeruk limau
  17. Sediakan Minyak kelapa

Sebenarnya sajian ini adalah iga berbumbu atau ungkep yang digoreng, kemudian dipenyet atau disajikan bersama sambal beserta lalapannya. Iga penyet adalah masakan Indonesia — lebih tepatnya masakan Jawa Timur — yang terdiri dari daging iga sapi goreng yang disajikan dengan sambal terasi yang pedas. Makanan ini pertama kali populer di kota Jawa Timur Surabaya, dan sekarang telah tersebar ke seluruh Indonesia. Iga penyet (English: Squeezed ribs ) is Indonesian — more precisely Eastern Javanese cuisine — fried beef spare ribs served with spicy sambal terasi.

Langkah-langkah menyiapkan Iga Goreng Penyet:
  1. Ungkeb daging iga yg sudah d fresto bersama bahan2 yg sudah ditumbuk / blender (bawang putih, kunyit, lengkuas) kemudian masukan daun salam beserta penyedap rasa dan garam. tunggu sampai airnya mengering, matikan kompor, tiriskan
  2. Sambil menunggu ungkeb daging, rebus bahan untuk sambal penyet (cabe merah kriting, bawang merah, cabe rawit domba, tomat merah) tunggu sampe warnanya berubah, angkat kemudian tiriskan
  3. Panaskan minyak dengan api sedang, kemudian masukan bahan sambal penyet yg sudah di ulek kasar, ketika warnanya sudah sedikit berubah masukan penyedap rasa, garam, gula putih, dan terasi (aduk terus sampai matang) angkat, kemudian masukan perasan jeruk limau, selesai
  4. Goreng daging iga yg sudah diungkeb dengan api sedang, bolak balik agar daging iga masak merata, angkat setelah berubah warna kekuningan (aku lebih suka aga kering) sajikan diatas piring cantik, bubuhkan sambal penyet diatasnya, tambahkan lalab2 / tahu tempe sebagai pelengkap (nb : daging iga lebih enak digoreng dadakan & lansung santap)

The fried beef ribs is squeezed against a mortar filled. Memasak & me-review produk Indomie Goreng Iga Penyet bersama Lucky MasterChef. TVC Title : Iga Yang Ga Asyik Itu Agency : LOWE Indonesia Director : Vatatchai Saeng-Xuto AD : Thipakorn Theva-aksorn Producer. Bila ada produk yang anda inginkan, tetapi tidak ada di katalog kami, anda bisa menghubungi kami melalui PM atau pun Nomor Telepon kami. Tidak perlu memesan iga penyet di restoran dengan harga mahal untuk menikmatinya.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Iga Goreng Penyet yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved