Langkah Mudah untuk Membuat Apem bakar dari nasi Anti Gagal

Aaron Oliver   10/12/2020 12:55

Apem bakar dari nasi
Apem bakar dari nasi

Anda sedang mencari ide resep apem bakar dari nasi yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal apem bakar dari nasi yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ternyata, tidak begitu sulit untuk membuat Apem dari Nasi. Selain enak, kita dapat memanfaatkan sisa nasi yang ada. Apem nasi tentu akan membuat perut kita lebih kenyang jika dibanding kue apem biasa, sehingga juga cocok untuk bekal perjalan.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari apem bakar dari nasi, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan apem bakar dari nasi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah apem bakar dari nasi yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Apem bakar dari nasi menggunakan 11 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Apem bakar dari nasi:
  1. Sediakan 1 gelas nasi
  2. Siapkan 500 gr tepung beras
  3. Ambil 2 sdm tepung kanji
  4. Ambil 2 sdt fermipan
  5. Gunakan 1 sdm baking powder
  6. Siapkan 3 sendok gula pasir
  7. Sediakan 2 bonggol gula merah
  8. Gunakan 1/2 sdm garam
  9. Ambil 1 butir kelapa (1/2 kinca,1/2 adonan)
  10. Gunakan 2 lembar daun pandan
  11. Sediakan 2 sdm tepung sagu

Aroma khas tersebut muncul dari daun Soal rasa, nasi bakar ini umumnya memiliki citarasa yang enak dan gurih. Ya nasi bakar ini dipadukan dengan isian seperti ikan, suwiran ayam, teri, cumi. Nasi bakar merujuk pada nasi yang diberi beberapa bumbu dan lauk, kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikunci dengan lidi, yang lalu dibakar di atas api arang. Daun pisang yang dibakar pun menghasilkan aroma unik pada nasi.

Langkah-langkah menyiapkan Apem bakar dari nasi:
  1. Blender nasi campur santan dari 3 gelas santan sedikit sampai menjadi bubur, tuang danCampur ke tepung beras,tepung kanji,fermipan,baking powder,,santan dari 1/2 butir kelapa (3 gelas) lalu d adonin atau di ulenin,diamkan 1 jam sampai berbuih.
  2. Panaskan cetakan food ball /cetakan dorayaki/cetakan ba'lor dg api sedang yg sudah di olesi minyak.
  3. Tuang adonan biarkan sampai berlubang tidak usah d tutup,setelah kering atasnya angkat.sajikan dg kinca
  4. Kinca dari 1/2 butir kelapa,2 lembar daun pandan, gula pasir,gulmer sampai mendidih,cairkan tepung sagu dg sedikit air campurkan sampai mendidih lalu matikan api.

Kue apem merupakan salah satu jenis kue tradisional yang banyak disukai di Indonesia. Cukup sudah Proses Membuat Kue Apem Panggang Empuk yang snagat enak dari kami. Resep Nasi Bakar Ayam Kemangi Enak Khas Bandung. Resep Membuat Kue Kering Moka Kismis Lebaran. Salah satu jenis apem yang cukup populer adalah apem selong.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat apem bakar dari nasi yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved