Cara Gampang Membuat Kelan kuning sayur klentang / sayur asam ikan nila, Lezat Sekali

Vincent Ellis   08/07/2020 05:03

Kelan kuning sayur klentang / sayur asam ikan nila
Kelan kuning sayur klentang / sayur asam ikan nila

Lagi mencari inspirasi resep kelan kuning sayur klentang / sayur asam ikan nila yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal kelan kuning sayur klentang / sayur asam ikan nila yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Kelan kuning sayur klentang / sayur asam ikan nila. Kepasar eh ada sayur klentang langsung beli deeh. kebetulan ada ikan nila disayur asam kelan kuning khas gresik. Oiya sayur klentang ini keras macam kayu, dan buahnya dari pohon kelor.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kelan kuning sayur klentang / sayur asam ikan nila, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan kelan kuning sayur klentang / sayur asam ikan nila enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat kelan kuning sayur klentang / sayur asam ikan nila sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Kelan kuning sayur klentang / sayur asam ikan nila memakai 16 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Kelan kuning sayur klentang / sayur asam ikan nila:
  1. Ambil 8 ekor ikan nila
  2. Siapkan 6 helai Sayur klentang
  3. Sediakan secukupnya Asam jawa
  4. Ambil secukupnya Garam
  5. Ambil Bumbu halus:
  6. Sediakan 8 siung bawang merah
  7. Sediakan 5 siung bawang putih
  8. Siapkan 1 ruas kunyit
  9. Sediakan 1/2 ruas jahe
  10. Siapkan 1/2 ruas lengkuas
  11. Siapkan 1 sdm ketumbar
  12. Ambil 4 biji kemiri
  13. Gunakan 7 tangkai cabe rawit
  14. Siapkan 4 lembar daun jeruk (2 ikut di blender,2 untuk dicampur ke kuah)
  15. Sediakan 4 helai Daun bawang
  16. Gunakan Air secukupnya untuk memasak

Sayur Klentang atau jangan klentang merupakan masakan tradisional yang enak dan segar. Dengan kuah dengan rasa segar asam dan buah kelentang yang empuk didalamnya merupakan kenikmatan tersendiri menyantapnya dtambah dengan lalapan , nasi panas dan sambel terasi. Lumuri dengan garam dan air jeruk nipis atau air asam. Sudah menemukan resep Ikan Kuah Kuning yang paling cocok.

Cara menyiapkan Kelan kuning sayur klentang / sayur asam ikan nila:
  1. Serut semua kulit luar sayur klentang hingga sedikit terkikis berubah warna ada putihnya. Kemudian potong sedikit memanjang sejari telunjuk dan cuci bersih.
  2. Bersihkan ikan nila hingga bersih tidak ada sisik maupun siripnya. Tips agar tidak amis, ketika mencuci beri perasan jeruk nipis dan daun jeruk purut (sobek asal saja).
  3. Kupas bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, lengkuas dan masukan dlm blender. tambahi cabai rawit dan daun jeruk purut, kemiri, ketumbar. Tambahkan air sedikit lalu blender.
  4. Tuangkan air kedalam panci, nyalakan kompor dan tunggu hingga mendidih. Setelah mendidih, tuang bumbu halus dan beri 2 lembar daun jeruk purut, asam jawa, garam. Masukan sayur klentang terlebih dahulu dan masak kurang lebih 20 menit agar lunak. Stelahnya baru ikan nila dimasukan.
  5. Tes rasa, disini rasa asam dan gurih harus seimbang agar enak segar. Jika kurang asam tinggal tambah asam jawa. Tunggu mendidih 15 menit hingga tanek (kalo orang jawa bilang tanek itu matangnya pas).
  6. Ambil daun bawang, bersihkan dan potong sedikit memanjang. Jika nanti kelan kuning mujair sudah matang lalu masukkan irisan daun bawang. Agar lebih sedap.

Ya, sayuran dengan daun hijau yang memiliki kandungan vitamin C, zat besi, beta karoten Siapa yang tak tahu ikan salmon, ikan yang memiliki segudang kandungan yang bermanfaat bagi Perbanyak asupan buah dan sayur yang bermanfaat bagi penderita asam urat, diantaranya. Umpan ikan nila liar yang pertama yaitu lumut. Umpan ikan ini mie instan ini bisa kita gunakan jika pakan umpan utama sulit untuk dicari dan habis saat memancing. Siapkan kuning telur ayam dan air hangat untuk mencampur umpan ikan nila mie instan. Ikan nila termasuk ikan pemakan segalanya.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat kelan kuning sayur klentang / sayur asam ikan nila yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved