Langkah Mudah untuk Membuat Dendeng Batokok Sambal Minyak Kelapa, Bisa Manjain Lidah

Jack Andrews   14/11/2020 02:37

Dendeng Batokok Sambal Minyak Kelapa
Dendeng Batokok Sambal Minyak Kelapa

Anda sedang mencari inspirasi resep dendeng batokok sambal minyak kelapa yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal dendeng batokok sambal minyak kelapa yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Dendeng batokok artinya daging sapi yang digepuk atau pukul-pukul. Hal ini bertujuan supaya bumbunya lebih meresap saat diolah. Tips : Untuk merebus daging, bisa juga diganti menggunakan air biasa.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari dendeng batokok sambal minyak kelapa, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan dendeng batokok sambal minyak kelapa enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat dendeng batokok sambal minyak kelapa yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Dendeng Batokok Sambal Minyak Kelapa menggunakan 24 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Dendeng Batokok Sambal Minyak Kelapa:
  1. Sediakan 500 g tenderloin, potong tipis
  2. Ambil Minyak untuk menggoreng
  3. Siapkan BUMBU REBUS/UNGKAP
  4. Sediakan 5 siung bawang putih
  5. Sediakan 4 cm jahe
  6. Sediakan 3/4 sdm ketumbar bubuk
  7. Gunakan 1 sdt kunyit bubuk
  8. Gunakan 1 sdm air jeruk nipis
  9. Ambil secukupnya Garam
  10. Ambil secukupnya Merica
  11. Sediakan 400 ml air untuk merebus
  12. Siapkan sambal minyak kelapa
  13. Ambil 10 cabe keriting
  14. Ambil 5 cabe rawit
  15. Siapkan 7 siung bawang merah
  16. Ambil 2 siung bawang putih
  17. Ambil 1 daun bawang
  18. Siapkan 2 tomat ukuran sedang
  19. Sediakan 6 sdm minyak kelapa
  20. Ambil 3 sdm santan kental
  21. Gunakan 2 daun jeruk nipis
  22. Sediakan secukupnya Garam
  23. Siapkan 1 sdt palm sugar
  24. Gunakan secukupnya Kaldu bubuk

Dendeng batokok goreng biasanya akan direbus dahulu dagingnya agar lebih empuk. Sedangkan dendeng batokok bakar biasanya hanya direndam di dalam bubunya saja. Panaskan minyak sayur dan tuangkan mentega diatasnya, biarkan mentega meleleh dan menjadi. Dendeng batokok artinya daging sapi yang digepuk atau pukul-pukul.

Langkah-langkah menyiapkan Dendeng Batokok Sambal Minyak Kelapa:
  1. Haluskan jahe,bawang putih, tambahkan ketumbar bubuk, kunyit bubuk,garam dan merica secukupnya.
  2. Panaskan air, masukkan bumbu rebus dan daging yg sudah di potong tipis, aduk rata dan rebus hingga airnya menyusut
  3. Sementara itu siapkan sambal minyak kelapa nya. Potong kasar cabe keriting dan rawit, iris kasar tomat, kemudian tumis dg sedikit minyak hingga aroma nya keluar.Haluskan di blender (jangan sampai terlalu halus), sisihkan.
  4. Iris bawang merah dan putih, tumis dengan minyak kelapa hingga harum, jangan sampai bawang berobah kecoklatan, sisihkan.
  5. Masukkan cabe dan tomat yg dihaluskan kedalam wajan bekas tumisan bawang, kecilkan api kompor, masukkan bawang dan santan, masak sambil diaduk, tambahkan garam, palm sugar, kaldu bubuk,daun bawang dan daun jeruk nipis,masak hingga santannya menyusut.
  6. Geprek (tokok) daging yg sudah di rebus, goreng sampai garing dan angkat. Campurkan dendeng dengan sambal yg masih di wajan, aduk2 hingga rata dan hidangkan.

Hal ini bertujuan supaya bumbunya lebih meresap saat diolah. Sebagai ciri khasnya, dendeng batokok selalu dilumuri dengan cabai yang diuleg kasar dengan tomat, bawang merah dan garam. Panaskan wajan, beri minyak kelapa lalu tumis bumbu yang ditumbuk kasar. masak hingga harum dan layu, beri air kaldu daging (sisa merebus daging). Beri garam secukupnya. masak sebentar dan angkat. Kemudian siram saus di atas daging dendeng nya.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan dendeng batokok sambal minyak kelapa yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved