Cara Gampang Menyiapkan Soto Mie Bogor Kuah Pedas Anti Gagal

Ida Andrews   07/07/2020 05:12

Soto Mie Bogor Kuah Pedas
Soto Mie Bogor Kuah Pedas

Anda sedang mencari ide resep soto mie bogor kuah pedas yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal soto mie bogor kuah pedas yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Soto mie, Soto mi, or Mee soto is a spicy Indonesian noodle soup dish commonly found in Indonesia, Malaysia, and Singapore. Mie means noodle made of flour, salt and egg, while soto refers to Indonesian soup. Soto mie Bogor kuah merah karena diberi sambal pedas akan menjadi merah warnanya.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari soto mie bogor kuah pedas, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan soto mie bogor kuah pedas enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan soto mie bogor kuah pedas sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Soto Mie Bogor Kuah Pedas menggunakan 20 bahan dan 12 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Soto Mie Bogor Kuah Pedas:
  1. Sediakan 1/2 kg Ayam
  2. Siapkan Bumbu Ulek:
  3. Sediakan 8 siung Bawang Merah
  4. Siapkan 5 siung Bawang Putih
  5. Siapkan 5 buah Cabai Merah Keriting
  6. Gunakan 2 buah Kemiri
  7. Sediakan 5 butir Merica
  8. Gunakan Bumbu Pelengkap:
  9. Ambil 2 ruas Jahe
  10. Siapkan 2 ruas Laos
  11. Siapkan 3 buah Daun Jeruk
  12. Siapkan 3 buah Daun Salam
  13. Ambil 5 buah Serai ukuran kecil
  14. Sediakan Secukupnya bihun
  15. Siapkan Secukupnya Mie Kuning
  16. Gunakan Secukupnya Daun Kol (Kobis)
  17. Gunakan 2 lembar Daun Bawang
  18. Siapkan 2 lembar Daun Seledri
  19. Gunakan 1 buah Tomat
  20. Siapkan 1 buah Jeruk Nipis (bisa diganti jeruk purut)

Apa sih yang menjadi ciri khas soto mie bogor? Tentu saja kuahnya yang bening dan segar! Tak perlu jauh-jauh pergi ke Bogor deh, karena. Resep cara membuat Soto Mie Bogor Asli Enak Sederhana Gurih.

Langkah-langkah menyiapkan Soto Mie Bogor Kuah Pedas:
  1. Ulek semua bumbu ulek sampai halus. Sisihkan
  2. Geprek jahe, laos dan Sereh. Siapkan daun jeruk dan daun salam.
  3. Tumis bumbu halus dengan api besar tetapi jangan sampai gosong. Jika sudah harum, masukkan sereh, jahe laos, daun jeruk dan daun salam. Tumis sebentar hingga tercium bau harum dengan api sedang.
  4. Jika semua bahan diatas sudah harum, masukkan air kurang lebih 1.5liter dan tunggu hingga mendidih.
  5. Rebus ayam dengan daun salam 2lembar. Tunggu hingga airnya surut dan ayam matang sempurna. Sisihkan
  6. Jika ayam sudah surut, masukkan ayam kedalam rebusan kuah soto. Tunggu kurang lebih 7menit. Matikan api dan sisihkan.
  7. Rebus bihun dan mie kuning. Angkat jika sudah sedikit lunak dna tiriskan.
  8. Potong kol (kubis), daun bawnag dan seledri. Siapkan juga tomat dan jeruk nipis. Sisihkan.
  9. Goreng bawang merah seperti resep yang sudah pernah saya posting. Sisihkan
  10. Susun komponen soto dengan urut dari yang terbawah sampai ke atas antara lain: Bihun, Mir Kuning, Kol, Daun bawang, seledri. Kemudian masukkan kuah dan beberapa potong ayam diatas mangkok yang sudah disusun. Tambahkan irisan tomat sesuai selera dan irisan buah jeruk (peras jeruknya). Dan soto mie bogor kuah pedas siap dinikmati.
  11. Sajikan soto dalam keadaan panas karena lebih lezat.
  12. Selamat Mencoba.

Setelahnya Tuangi kuah ke mangkok. ~ Selanjutnya Taburi daun bawang, seledri & bawang goreng. ~ Silahkan Hidangkan masakan berbarengan sambal cabai dan jeruk limau. Soto mie Bogor adalah makanan berkuah yang berisi mie kuning, bihun, potongan daging, kikil dan jeroan sapi, risol goreng, sayur kerupuk emping ini merupakan makanan soto khas dari Bogor. Soto Mie Bogor merupakan campuran dari daging sapi, kikil, usus, urat, babat, risol, kentang atau lobak rebus, mi kuning, tomat, serta kol, yang dipadu dengan kuah, lalu Hidangan pedas dan gurih ini cocok untuk disantap sebagai pendamping nasi, baik saat makan pagi, siang atau pun malam. Soto mie merupakan salah satu kuliner yang populer di Indonesia. Kuliner khas Bogor yang biasanya dijual di gerobak ini menggunakan tetelan sapi dan kikil sebagai Beri kol, tomat, risol, potongan daging dan kikil, daun bawang, seledri, dan bawang goreng.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat soto mie bogor kuah pedas yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved