Resep Sambel Kelapa Gurih Anti Gagal

Ivan Weber   10/09/2020 20:28

Sambel Kelapa Gurih
Sambel Kelapa Gurih

Anda sedang mencari ide resep sambel kelapa gurih yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambel kelapa gurih yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambel kelapa gurih, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan sambel kelapa gurih enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah sambel kelapa gurih yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Sambel Kelapa Gurih memakai 15 jenis bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Sambel Kelapa Gurih:
  1. Sediakan kelapa setengah tua, dikupas dan parut
  2. Siapkan kacang merah goreng
  3. Siapkan Bumbu :
  4. Ambil bawang merah diiris
  5. Gunakan bawang putih diiris
  6. Sediakan cabe kecil diiris
  7. Sediakan kencur diiris kecil2
  8. Ambil terasi
  9. Siapkan garam
  10. Siapkan gula merah diiris halus
  11. Sediakan daun salam
  12. Siapkan daun jeruk
  13. Gunakan minyak goreng
  14. Sediakan penyedap
  15. Ambil Memarkan: sereh, lengkuas
Langkah-langkah membuat Sambel Kelapa Gurih:
  1. Goreng dalam minyak ukuran sedang bumbu yg diiris, masukkan terasi hingga hancur, setelah setengah matang masukkan kelapa parut. Masukkan pula daun salam, daun jeruk, sereh, lengkuas. Perhatikan minyaknya harus tetap membasahi kelapa yg digoreng.
  2. Setelah berwarna kuning emas dan garing, masukkan gula merah dan penyedap bila suka. Setelah dingin, masukkan kacang merah goreng.
  3. Sebaiknya disimpan dalam toples yg tertutup rapat, karena tahan beberapa hari.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan sambel kelapa gurih yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved