Langkah Mudah untuk Menyiapkan Kue Talam Ubi Ungu Anti Gagal

Jeff Dunn   11/08/2020 14:38

Kue Talam Ubi Ungu
Kue Talam Ubi Ungu

Lagi mencari inspirasi resep kue talam ubi ungu yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal kue talam ubi ungu yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kue talam ubi ungu, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan kue talam ubi ungu yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat kue talam ubi ungu yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Kue Talam Ubi Ungu menggunakan 13 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Kue Talam Ubi Ungu:
  1. Sediakan Bahan lapisan ungu :
  2. Sediakan 200 ml santan (sy pakai kara + air)
  3. Ambil 200 gram ubi ungu (kukus & haluskan)
  4. Siapkan 70 gram tepung tapioka
  5. Gunakan 50 gram tepung beras
  6. Sediakan 100 gram gula pasir
  7. Ambil Sejumput garam
  8. Siapkan 1 bks vanili
  9. Ambil Bahan lapisan putih :
  10. Siapkan 175 ml santan (sy pakai kara + air)
  11. Sediakan 15 gram tepung tapioka
  12. Sediakan 60 gram tepung beras
  13. Gunakan Sejumput garam
Cara menyiapkan Kue Talam Ubi Ungu:
  1. Haluskan ubi ungu yang sdh dikukus. Blender santan dan ubi ungu sampai lembut. Sisihkan.
  2. Campur bahan kering : tapioka, tepung beras, gula, garam dan vanili aduk rata. Campurkan bahan kering dengan campuran santan dan ubi yang sudah diblender aduk sampai tercampur rata dan adonan lembut.
  3. Cara membuat lapisan putih : campurkan semua bahan jadi satu aduk sampai rata kemudian saring supaya tidak ada yang bergerindil.
  4. Olesi dengan minyak tipis-tipis aja cetakan kue talam. Masukan adonan ungu ke cetakan sebanyak 3/4 cetakan. Kemudian kukus selama 10 menit.
  5. Setelah 10 menit tambahkan lagi adonan lapisan putih kukus selama 20 menit. Setelah matang angkat tunggu 15 menit baru dikeluarkan dari cetakan.
  6. Kue talam ubi ungu siap dihidangkan.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan kue talam ubi ungu yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved