Resep Urap (Sambal Kelapa Bakar) yang Enak

Billy King   10/08/2020 03:54

Urap (Sambal Kelapa Bakar)
Urap (Sambal Kelapa Bakar)

Anda sedang mencari inspirasi resep urap (sambal kelapa bakar) yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal urap (sambal kelapa bakar) yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari urap (sambal kelapa bakar), pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan urap (sambal kelapa bakar) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

BAHAN-NYA Kelapa bawang merah bawang putih cabe merah besar cabe kriting cabe rawit Semua dikukus terlebih dahulu BUMBUNYA gula merah gula putih kencur. Haluskan bumbu sambal urap, kemudian campur dengan kelapa parut hingga merata. Urap merupakan menu kuliner yang dibuat dari racikan sayur-sayuran yang dicampur dengan sambal parutan kelapa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah urap (sambal kelapa bakar) yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Urap (Sambal Kelapa Bakar) memakai 7 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Urap (Sambal Kelapa Bakar):
  1. Siapkan Bayam
  2. Gunakan Kelapa Tua
  3. Gunakan Bumbu:
  4. Sediakan Bawang Putih
  5. Siapkan Cabai Rawit Setan
  6. Siapkan Kencur 2 buah (kecil2)
  7. Sediakan Gula Jawa

Haluskan cabe+bawang putih+ bawang merah + kencur + daun jeruk. Lanjut tambahkan Kelapa Parut ke dalam Sambal Urap, lalu aduk merata. Jika sudah, bungkus rapi pakai Daun Pisang, segel memakai tusuk gigi. Siapkan kukusan, pastikan airnya sudah mendidih.

Cara menyiapkan Urap (Sambal Kelapa Bakar):
  1. Bayam dibersihkan lalu direbus hingga matang. Sayurnya kali ini aku pake bayam doang, kalau mau ditambah kacang panjang dll sayur biasa buat urap juga ok.
  2. Kelapa dibakar, cuci bersih lalu diparut.
  3. Haluskan semua bumbu, jangan lupa kasi garam, penyedap sesuai selera.
  4. Campurkan bumbu yg telah halus dengan kelapa bakar yg sudah diparut, lalu campurkan dengan bayam rebus.
  5. Wallla…simple, cepet, gampang, sehat dan enak. Bikin makin doyan maem sayur.

Kluban jawa khas sambal kelapa bakar Haii.kali ini saya buat video buat kluban khas jawa dengan sambal kelapa bakar nya yang enak. Sambal adalah istilah besar yang dalam kuliner Indonesia merujuk pada saus pedas. Secara garis besar, sambal berbahan utama cabai yang dilumatkan sehingga keluar kandungan sari cabe dan ditambah bahan-bahan lain seperti garam dan terasi. Urap Sayuran, menu sayur yang enak dan mudah untuk dibuat.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Urap (Sambal Kelapa Bakar) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved