Resep Sayur asem kacang merah, Lezat

Ella Holland   15/11/2020 12:57

Sayur asem kacang merah
Sayur asem kacang merah

Sedang mencari inspirasi resep sayur asem kacang merah yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur asem kacang merah yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur asem kacang merah, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan sayur asem kacang merah enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Sayur asem ini biasanya berbahan dasar utama jagung manis, labu siam, kacang panjang, tomat serta asem. Sayur asem kacang merah. foto: Instagram/@cookingwithsheila. Kali ini yzmalicious sharing salah satu olahan kacang merah!

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah sayur asem kacang merah yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Sayur asem kacang merah memakai 17 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Sayur asem kacang merah:
  1. Gunakan Kacang panjang
  2. Sediakan Jagung manis
  3. Siapkan Labu siyam
  4. Siapkan Kol
  5. Gunakan Kacang merah
  6. Ambil Wortel
  7. Gunakan Tomat
  8. Sediakan Daun salam
  9. Siapkan Lengkuas
  10. Ambil Asam jawa
  11. Siapkan Gula merah
  12. Ambil Garam, penyedap
  13. Sediakan 🌺bumbu halus🌺
  14. Ambil Cabai
  15. Sediakan Bawang merah
  16. Siapkan Bawang putih
  17. Ambil Terasi

Kangkung bukan hanya bisa dimasak tumis atau dibuat cah, tetapi juga dapat menjadi bahan utama dalam Masukkan kangkung, tomat, dan kacang merah secara bersamaan. Cara Memasak Sayur Asem Kacang Merah. Setelah semua bahan sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah pembuatan. Cara Membuat Sayur Asem Kangkung: Langkah pertama, rebuslah kacang merah terlebih dahulu sampai benar-benar empuk dan lunak.

Cara menyiapkan Sayur asem kacang merah:
  1. Rebus kacang merah yg sudah direndam 4_5 jam, rendam pagi jika mau buat siang. Buang airnya
  2. Haluskan bumbu, masukkan ke panci, tambahkan air, lengkuas, daun salam, asam jawa, terasi.
  3. Jika sudah mendidih masukkan kacang merah yg sudah di rebus
  4. Tunggu sebentar, lalu masukkan sayur secara berurutan berdasar tingkat kematangan (jagung, labu siyam, kacang, wortel, kol, tomat). Bumbui gula merah, garam, penyedap. Tes rasa. Jika sudah pas matikan api. Sajikan

Sementara menunggu, haluskan bahan-bahan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cabai merah, kemiri, dan juga terasi matang. Kalau sayur asem Sunda, berarti sama dengan sayur asem Jawa Barat donk. Yupz betul, ada sayur asem Sunda yang kesegarannya langsung bisa Eh ternyata bisa juga lho kamu pakai resep sayur asem kacang merah. Vitamin dan kandungan protein baik dalam kacang merah ini cocok banget. Sayur asem merupakan sayur sederhana dengan citarasa nikmat yang begitu lekat di masyarakat Indonesia.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan sayur asem kacang merah yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved