Resep Bumbu Urap-Urap (Sambal Kelapa) yang Menggugah Selera

Bettie Salazar   14/11/2020 13:52

Bumbu Urap-Urap (Sambal Kelapa)
Bumbu Urap-Urap (Sambal Kelapa)

Anda sedang mencari inspirasi resep bumbu urap-urap (sambal kelapa) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal bumbu urap-urap (sambal kelapa) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Lihat juga resep Urap sayuran 🥗 enak lainnya. Urap merupakan makanan tradisional yang terdiri dari sayur-sayuran yang kemudian dicampurkan dengan parutan kelapa yang sudah diberi bumbu sebelumnya. Karena dicampur dengan kelapa, membuat urap menjadi gurih rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bumbu urap-urap (sambal kelapa), pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan bumbu urap-urap (sambal kelapa) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah bumbu urap-urap (sambal kelapa) yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Bumbu Urap-Urap (Sambal Kelapa) menggunakan 11 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Bumbu Urap-Urap (Sambal Kelapa):
  1. Ambil 1/2 butir kelapa parut
  2. Siapkan 5 cabai rawit
  3. Ambil 3 cabai merah
  4. Sediakan 3 daun jeruk
  5. Gunakan 2 siung bawang putih
  6. Ambil 1 cm kencur
  7. Sediakan 1/2 cm lengkuas
  8. Ambil 1 sdt terasi udang
  9. Ambil 3 sdt gula jawa
  10. Siapkan 1 sdt garam
  11. Siapkan secukupnya Penyedap

Bumbu urap sayuran menggunakan bahan utama kelapa muda parut dan cabe merah serta bumbu dapur pelengkap lainnya. Sebagaimana diketahui bahwa campuran sayuran dalam masakan urap sayuran ini adalah kelapa parut yang dicampur dengan bumbu pedas urap. Kelapa Parut Kering berasal dari kelapa tua yang nyaris tidak mempunyai kandungan santan lagi. Akibatnya bahan ini akan menghasilkan Bumbu Urap yang kering dan terasa hambar.

Langkah-langkah menyiapkan Bumbu Urap-Urap (Sambal Kelapa):
  1. Haluskan atau uleg semua bumbu (kecuali kelapa parut) yang telah disiapkan.
  2. Setelah halus campurkan parutan kelapanya. Aduk dan sedikit diuleg juga supaya santannya sedikit keluar.
  3. Bumbu urap-urap siap dihidangkan. Bumbu bisa disajikan dengan sayur dan juga tempe bakar lho. Sesuai selera ya kawan- kawan cookpad😄😄.

Mendengar nama "urap" mungkin cukup begitu asing di telinga kita, terlebih apabila kita merupakan orang di luar Jawa. Selanjutnya kita dapat membuat sambal kelapanya. Caranya siapkan sebuah wadah, kemudian dalam wadah tersebut campurkan parutan kelapa bersama dengan bumbu. Bumbuurapkelapa Resepbumbuurap Cara Membuat Bumbu Urap Urap Yang Awet Dan Tahan Lama. Resep Ayam Goreng Bumbu Padang Enak Ala Uni Cheche.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Bumbu Urap-Urap (Sambal Kelapa) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved