Cara Gampang Menyiapkan Sambel nyuh (kelapa) khas Bali, Lezat Sekali

Sadie Barnes   17/07/2020 09:41

Sambel nyuh (kelapa) khas Bali
Sambel nyuh (kelapa) khas Bali

Anda sedang mencari ide resep sambel nyuh (kelapa) khas bali yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sambel nyuh (kelapa) khas bali yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ternyata, Bali memiliki sambal khas yang membuat penikmatnya ketagihan. Sambal-sambal ini terbuat dari rempah-rempah dan punya rasa khas tersendiri. Bahan utamanya kelapa yang dibakar dan campuran sereh.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambel nyuh (kelapa) khas bali, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan sambel nyuh (kelapa) khas bali yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat sambel nyuh (kelapa) khas bali yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Sambel nyuh (kelapa) khas Bali menggunakan 9 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Sambel nyuh (kelapa) khas Bali:
  1. Siapkan Kelapa setengah tua
  2. Gunakan bawang merah
  3. Gunakan bawang putih
  4. Sediakan cabe rawit
  5. Siapkan terasi
  6. Siapkan garam
  7. Ambil minyak untuk menggoreng kelapa
  8. Ambil daun salam
  9. Gunakan daun jeruk

Makanan Khas Bali yang mendunia ini memiliki cita rasa yang benar-benar Bali lho. Dimana, nasinya sangat pulen dan enak sekali dimakan. Salah satu makanan khas Bali yang kini tengah difavoritkan. Menariknya, banyak kuliner kekinian yang menggunakan sambal ini sebagai pendamping.

Langkah-langkah menyiapkan Sambel nyuh (kelapa) khas Bali:
  1. Parut kelapa, kemudian siapkan minyak untuk menggoreng, goreng kelapa sampai warnanya kuning kecoklatan, lalu tiriskan.
  2. Sambil menunggu kelapa matang, iris tipis bawang merah, bawang putih dan cabai rawit. Campur merata terasi dan garam.
  3. Tuang 5 sdm minyak sisa menggoreng kelapa, setelah panas masukan bawang merah tumis sampai harum.
  4. Setelah bawang merah harum masukan bawang putih, cabai, terasi, daun salam dan daun jeruk masak sampai matang.
  5. Setelah matang kecilkan api, kemudian masukan kelapa goreng aduk sampai tercampur rata. Koreksi rasa, kalau kurang garam bisa ditambahkan sesuai selera. Happy cooking.

Salah satunya sambal nyuh yang terbuat dari kelapa bakar dan sereh. Nah, sambal ini paling mantap disajikan dengan aneka sayuran rebus. Masakan khas Bali Utara ini masuk menjadi masakan tradisional Bali yang disajikan ketika Ketiga bumbu ini terdiri dari sambal kelapa parut atau sambal nyuh, bumbu kacang dan bumbu uyah sere Gerang sambel bawang adalah campuran ikan teri dengan perpaduan bumbu sambal bawang yang. Tapi ternyata masakan khas Bali bukan cuma sambal matah saja, lho. Ada juga beragam jenis sambal yang bisa kamu coba bikin sendiri di rumah.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Sambel nyuh (kelapa) khas Bali yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved