Bagaimana Menyiapkan Sayur asem kacang merah yang Lezat

Helena Colon   05/07/2020 18:07

Sayur asem kacang merah
Sayur asem kacang merah

Sedang mencari inspirasi resep sayur asem kacang merah yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur asem kacang merah yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur asem kacang merah, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan sayur asem kacang merah enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Sayur asem ini biasanya berbahan dasar utama jagung manis, labu siam, kacang panjang, tomat serta asem. Sayur asem kacang merah. foto: Instagram/@cookingwithsheila. Kali ini yzmalicious sharing salah satu olahan kacang merah!

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah sayur asem kacang merah yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Sayur asem kacang merah memakai 11 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Sayur asem kacang merah:
  1. Sediakan kacang merah
  2. Sediakan wortel
  3. Sediakan air
  4. Siapkan asem jawa
  5. Gunakan lb daun salam
  6. Ambil bawang merah
  7. Gunakan lengkuas geprek
  8. Ambil cabe ijo
  9. Sediakan Tomat sedang
  10. Sediakan gula merah
  11. Sediakan Garam

Kangkung bukan hanya bisa dimasak tumis atau dibuat cah, tetapi juga dapat menjadi bahan utama dalam Masukkan kangkung, tomat, dan kacang merah secara bersamaan. Cara Memasak Sayur Asem Kacang Merah. Setelah semua bahan sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah pembuatan. Cara Membuat Sayur Asem Kangkung: Langkah pertama, rebuslah kacang merah terlebih dahulu sampai benar-benar empuk dan lunak.

Cara menyiapkan Sayur asem kacang merah:
  1. Didihkan air, cuci kacang merah sampai bersih, masukkan kacang, lengkuas dan daun salam sampai sedikit empuk lalu masukkan wortel yg sudah dipotong2
  2. Masukkan asem jawa, bawang merah, cabe hijau dan gula merah sampai kacang dan wortel empuk
  3. Masukkan garam dan potongan tomat, tunggu mendidih kembali, matikan kompor
  4. Siap disantap bersama keluarga dengan nasi dan lauk lainnya

Sementara menunggu, haluskan bahan-bahan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cabai merah, kemiri, dan juga terasi matang. Kalau sayur asem Sunda, berarti sama dengan sayur asem Jawa Barat donk. Yupz betul, ada sayur asem Sunda yang kesegarannya langsung bisa Eh ternyata bisa juga lho kamu pakai resep sayur asem kacang merah. Vitamin dan kandungan protein baik dalam kacang merah ini cocok banget. Sayur asem merupakan sayur sederhana dengan citarasa nikmat yang begitu lekat di masyarakat Indonesia.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat sayur asem kacang merah yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved