Resep Soto mie Bogor (kuah kuning) yang Bisa Manjain Lidah

Leona Rodgers   13/09/2020 01:13

Soto mie Bogor (kuah kuning)
Soto mie Bogor (kuah kuning)

Anda sedang mencari ide resep soto mie bogor (kuah kuning) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal soto mie bogor (kuah kuning) yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Soto mie, Soto mi, or Mee soto is a spicy Indonesian noodle soup dish commonly found in Indonesia, Malaysia, and Singapore. Mie means noodle made of flour, salt and egg, while soto refers to Indonesian soup. Soto mie, Soto mi, (atau disebut Mee soto di Malaysia dan Singapura) (Aksara Sunda Baku: ᮞᮧᮒᮧ ᮙᮤᮈ) adalah hidangan mi berkuah kaldu berbumbu yang lazim ditemukan di Indonesia lebih tepatnya di Sunda, Bogor, Jawa Barat.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto mie bogor (kuah kuning), mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan soto mie bogor (kuah kuning) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan soto mie bogor (kuah kuning) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Soto mie Bogor (kuah kuning) menggunakan 24 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Soto mie Bogor (kuah kuning):
  1. Gunakan 500 gr kikil sapi (boleh ditambahkan daging sandung lamur)
  2. Ambil 200 gr mie telor (rebus smp matang tp jgn kelembekan)
  3. Gunakan 1,5 lt air
  4. Siapkan Bumbu yg dihaluskan:
  5. Sediakan 3 butir kemiri
  6. Sediakan 1 sdt merica butiran
  7. Sediakan 1 buah cabe merah (klo suka pedas boleh ditambah ya)
  8. Gunakan 9 siung bawang merah
  9. Siapkan 3 siung bawang putih (yg besar)
  10. Gunakan Seruas kunyit
  11. Ambil Seruas jahe
  12. Sediakan Lengkuas dimemarkan
  13. Sediakan 3 btg Sereh digeprek
  14. Sediakan 3 lbr daun salam
  15. Gunakan 4 lbr daun jeruk
  16. Sediakan Garam, gula pasir dan penyedap
  17. Gunakan Bahan pelengkap:
  18. Sediakan Risoles goreng (sy beli yg ud jd)
  19. Sediakan Secukupnya Kol iris tipis
  20. Siapkan Tomat
  21. Ambil Daun bawang
  22. Ambil Jeruk limau
  23. Siapkan Bawang goreng
  24. Sediakan Sambal

Bagi kamu yang ingin mencoba membuat soto mie di rumah, berikut. Meskipun kuah Soto Mie Ciseeng terkenal bening, tapi cita rasanya benar-benar nendang. Memang cukup mahal, tapi rasanya tidak mengecewakan. Soto mie bogor adalah varian dari masakan soto daging yang menambahkan mie kuning dan bihun ke dalam kuah kaldu.

Langkah-langkah membuat Soto mie Bogor (kuah kuning):
  1. Rebus kikil (dan daging, jika pakai) smp empuk, boleh diberi seruas jahe spy ga begitu amis
  2. Tumis bumbu halus smp wangi, masukkan daun salam dan daun jeruk.
  3. Tuang tumisan bumbu ke panci berisi rebusan kikil. Lalu masukkan sereh dan lengkuas
  4. Masak smp air mendidih. Beri garam, gula pasir dan penyedap sesuai selera.
  5. Sajikan di mangkok > irisan risoles goreng, mie telur, irisan kol, potongan tomat. Taburi dengan bawang goreng dan daun bawang. Beri perasan jeruk limau dan sambal.

Selain itu, ciri khas lain dari masakan ini adalah adanya risol goreng Artikel ini akan menjelaskan aneka resep soto mie bogor, dari yang memiliki kuah bening sampai kuah merah. Soto mie merupakan makanan khas Bogor yang digemari oleh banyak orang. Perpaduan antara daging, mie kuning, bihun, risol, serta kuah sotonya yang segar Tambahkan kuah soto beserta potongan lobaknya. Lengkapi dengan sambal dan ekstra jeruk limau. mie Bogor nya itu. Soto mie Bogor ini berbeda dengan soto pada umumnya yang hanya menggunakan mie putih atau biasa disebut soun * kemudian jika kuah tersebut sudah jadi, anda biasa mengambil mangkuk saji lalu masukan mie kuning, mie bihun, kol, irisan tomat, irisan kentang.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat soto mie bogor (kuah kuning) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved