Cara Gampang Menyiapkan Soto Mie Bogor dengan Risol Bihun yang Lezat Sekali

Celia Dean   10/09/2020 04:00

Soto Mie Bogor dengan Risol Bihun
Soto Mie Bogor dengan Risol Bihun

Anda sedang mencari ide resep soto mie bogor dengan risol bihun yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal soto mie bogor dengan risol bihun yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto mie bogor dengan risol bihun, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan soto mie bogor dengan risol bihun yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Sebagai pelengkap, risol bihun tidak boleh ketinggalan, Resep Soto mie dan risol bihun berasal dari Ibu Fatmah NCC. Goreng dalam minyak banyak hingga kuning kecoklatan. Sajikan dengan pelengkap cabe rawit, atau sambel kacang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan soto mie bogor dengan risol bihun sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Soto Mie Bogor dengan Risol Bihun menggunakan 27 bahan dan 12 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Soto Mie Bogor dengan Risol Bihun:
  1. Gunakan 500 gr daging sapi bagian sengkel
  2. Sediakan 6 pcs Bawang merah
  3. Sediakan 5 pcs bawang putih
  4. Ambil 2 pcs kemiri (di sangrai)
  5. Sediakan 2 pcs daun salam
  6. Sediakan 2 pcs daun jeruk
  7. Sediakan 1 pcs seledri (iris tipis)
  8. Ambil 1 pcs daun bawang (iris tipis)
  9. Gunakan 1 pcs jeruk limau
  10. Siapkan secukupnya minyak (untuk menumis)
  11. Gunakan secukupnya Kecap manis
  12. Gunakan secukupnya Garam,lada,penyedap rasa
  13. Siapkan Pelengkap:
  14. Ambil 1 pcs kikil (direbus & potong kotak kotak)
  15. Ambil 100 gr kol (iris tipis)
  16. Ambil 1 pcs wortel (potong bulat)
  17. Sediakan 1 pack mie kuning basah
  18. Ambil 1 pcs tomat (iris sesuai selera)
  19. Sediakan Bawang goreng
  20. Ambil Adonan risol:
  21. Siapkan 150 gr tepung terigu serbaguna
  22. Sediakan 375 gr Air
  23. Ambil 1 butir telur
  24. Siapkan 1 sdm tepung + air (bahan perekat)
  25. Gunakan secukupnya minyak
  26. Siapkan secukupnya Garam,lada,penyedap
  27. Sediakan Bihun (untuk isian)

Agar kuah soto bening, jangan gunakan air bekas rebusan kikil sebab warnanya putih. Karena risol untuk isian soto mie tidak menggunakan bumbu campuran khusus pada isi risolnya. Berbeda dengan risol yang di buat untuk Risol adalah makanan camilan atau kudapan yang sudah tidak asing lagi di Indonesia. Karena banyak dari masyarakat yang membuat makanan yang enak ini.

Cara membuat Soto Mie Bogor dengan Risol Bihun:
  1. Rebus daging sapi bagian sengkel hingga 15 menit. Buang air rebusan. Lalu rebus kembali sengkel dengan air bersih hingga 1-2 jam.
  2. Ambil daging sengkel, kemudian potong kecil kecil. Lalu simpan air rebusan daging.
  3. Haluskan bawang merah,bawang putih dan kemiri yang telah disanggrai. Kemudian panaskan wajan dan masukkan minyak kedalamnya.
  4. Setelah wajan dalam keadaan panas, masukkan bumbu halus bersama daun salam dan daun jeruk hingga harum (gunakkan api kecil hingga bumbu benar benar matang).
  5. Masukkan air rebusan daging kedalam wajan, lalu tambahkan daun seledri, daun bawang, wortel, potongan kikil,dan potongan daging sengkel kedalamnya.
  6. Masukkan kecap manis dan beri seasoning (lada,garam,penyedap rasa secukupnya) lalu sisihkan.
  7. Untuk adonan risol, campur semua adonan menjadi satu, lalu aduk menggunakan balloon whisk hingga tercampur rata dan beri seasoning.
  8. Siapkan wajan teflon, olesi wajan dengan minyak. Panaskan teflon dengan api kecil.Lalu masukkan 1 sendok sayur adonan kedalam wajan. Tunggu hingga matang. Lalu angkat
  9. Masukkan bihun kedalam adonan risoles (bisa ditambah dengan potongan kecil wortel & daun bawang). Lalu lipat dan rekatkan dengan bahan perekat.
  10. Goreng risol hingga kecoklatan, lalu belah menjadi 2 bagian.
  11. Siapkan mangkok, lalu tambahkan mie kuning,irisan kol,tomat, daun bawang, kuah soto,dan risol. Lalu beri taburan bawang goreng.
  12. Soto mie siap dihidangkan. Yumm… Aroy mak mak (enak sekali)

Resep soto mie bogor bening yang enak ala rumahan. Cara membuat resep soto mie Bogor: Pertama, buat risol terlebih dahulu. Letakkan mie kuning/mie telur yang sudah direndam air garam sebentar di atas kulit pangsit lalu gulung dan rekatkan sambungan dengan air agar tidak. Soto mie, Soto mi, (atau disebut Mee soto di Malaysia dan Singapura) (Aksara Sunda Baku: ᮞᮧᮒᮧ ᮙᮤᮈ) adalah hidangan mi berkuah kaldu berbumbu yang lazim ditemukan di Indonesia lebih tepatnya di Sunda, Bogor, Jawa Barat. Resep soto mie Bogor ini adalah resep soto paling enak yang wajib anda coba di rumah.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat soto mie bogor dengan risol bihun yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved