Resep Sayur asam iga kacang merah Anti Gagal

Edith Morris   19/08/2020 17:34

Sayur asam iga kacang merah
Sayur asam iga kacang merah

Sedang mencari ide resep sayur asam iga kacang merah yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur asam iga kacang merah yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur asam iga kacang merah, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan sayur asam iga kacang merah yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Haluskan bawang putih, bawang merah, cabai merah, kemiri, dan terasi matang. Didihkan air di panci dan masukkan semua bumbu yang telah dihaluskan. Tambahkan daun salam, lengkuas, air asam, garam, dan gula.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah sayur asam iga kacang merah yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Sayur asam iga kacang merah memakai 11 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Sayur asam iga kacang merah:
  1. Gunakan Iga sapi
  2. Sediakan kacang merah
  3. Siapkan bawang merah
  4. Siapkan bawang putih
  5. Siapkan daun salam
  6. Siapkan lengkuas
  7. Ambil Asam jawa
  8. Ambil tomat
  9. Ambil Bawang daun
  10. Gunakan gula merah
  11. Siapkan cabe merah

Sayur asem ini biasanya berbahan dasar utama jagung manis, labu siam, kacang panjang, tomat serta asem. Bahkan setiap daerah memiliki rasa dan variasi sayur yang berbeda ada yang ditambah dengan ikan maupun daging sebagai bahan utamanya. Meski sayur asem beragam, tapi semua rasanya. Sayur asam atau sayur asem adalah masakan sejenis sayur yang khas Indonesia.

Langkah-langkah menyiapkan Sayur asam iga kacang merah:
  1. Rebus kacang sampai matang, tiriskan
  2. Rebus air hingga mendidih, masukan iga masak hingga matang, setelah itu masukan bawang merah, bawang putih, daun salam sama lengkuas aduk rata.. (disarankan pakai panci magic com, biar cepat empuk)
  3. Setelah wangi masukan kacang merah dilanjut gula merah, royco dan garam disusul air asam jawa
  4. Setelah matang masukan daun bawang, cabe seta tomat, koreksi rasa dan masak hingga kira2 matang..

Ada banyak variasi lokal sayur asam seperti sayur asam Jakarta (variasi dari orang Betawi di Jakarta), sayur asam kangkung (variasi yang menggunakan kangkung), dan sayur asam ikan asin. Sayur kacang merah merupakan salah satu jenis hidangan sayur yang memiliki cita rasa yang sangat khas seperti sedikit asam, gurih dan tentunya sangat enak serta berbahan dasar kacang merah. Bagi anda yang berasal dari daerah Jawa Barat khususnya daerah Sunda tentunya sudah sangat tidak. Memadukan kacang merah dan empuknya daging iga sapi membuat rasanya super nikmat! Saat cuaca dingin, enaknya menyantap makanan berkuah nan lezat seperti resep Sup Iga Kacang Merah.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Sayur asam iga kacang merah yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved