Cara Gampang Menyiapkan Sayur Lodeh Anti Gagal

Nettie Hogan   01/07/2020 21:26

Sayur Lodeh
Sayur Lodeh

Anda sedang mencari ide resep sayur lodeh yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur lodeh yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Meskipun lodeh merupakan sayur ala rumahan, namun sayur ini juga banyak disajikan di restoran mahal. Lihat juga resep Lodeh Blonceng Tempe enak lainnya. Resep Sayur Lodeh - Walaupun bukan menu yang wow, namun sayur lodeh atau jangan lodheh adalah salah satu masakan sayur berkuah santan gurih khas Indonesia, terutama di daerah Jawa.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur lodeh, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan sayur lodeh enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat sayur lodeh yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Sayur Lodeh menggunakan 17 jenis bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Sayur Lodeh:
  1. Siapkan bawang merah
  2. Sediakan bawang putih
  3. Ambil kacang panjang
  4. Ambil Jagung manis (secukupnya) disni saya pake 2 jagung manis
  5. Gunakan jahe
  6. Sediakan laos
  7. Sediakan santen (saya pake santen instant) boleh pake perasan dari kelapa nya langsung
  8. Sediakan Cabe hijau (banyak nya sesuai selera)
  9. Gunakan Terong ungu
  10. Ambil telor ayam negri
  11. Ambil Air mateng (3gelas pdk)
  12. Siapkan Daun So
  13. Gunakan daun salam
  14. Ambil melinjo (bumbu lengkap sayur asem)
  15. Gunakan Penyedap (sesuai selera)
  16. Ambil tahu putih
  17. Gunakan Tempe daun (saya pake 1/2 tempe daun yg biasa dijual abg abg sayur)

Sayur lodeh is Indonesian vegetable stew in coconut milk. Like its cousin, sayur asem, sayur lodeh has no fixed rules on which vegetables to use. As long as you have the ingredients to prepare the. Sayur lodeh is a traditional Indonesian dish made with vegetables stewed in coconut milk.

Langkah-langkah menyiapkan Sayur Lodeh:
  1. Cuci bersih semua bahan2, Iris bawang merah, bawang putih, jahe, cabe ijo, geprak laos, potong jd 4 bagian tahu dan tempe nya (utk tempe potongannya sesuka hati)
  2. Rebus telur hingga matang
  3. Setelah telur rebusnya mateng didihkan air beserta bahan2 tadi kedalam panci. (Kecuali tahu,tempe)
  4. Setelah dirasa agak empuk (labu siam) nyaa masukkan tahu, tempe dan larutan santan dengan air.
  5. Lalu aduk (tp santen jangan sampe pecah)
  6. Tambahkan garam halus dan penyedap rasa.
  7. Setelah mengetes rasa dan pas, masukkan rebusa telur dan tunggu hingga mendidih kira kira 5menitan lah. Aduk.
  8. Setelah mateng semuanya siapkan piring,nasi, dan sendok kemudian siap untuk disantap.

Eggplant, jackfruit, melinjo, long beans, and carrots are the most common vegetables used in the dish. Sayur lodeh is an Indonesian vegetable soup prepared from vegetables in coconut milk popular in Indonesia, but most often associated with Javanese cuisine. Sayur lodeh menjadi kreasi makanan bersantan yang patut dicoba di rumah. Sayur lodeh merupakan aneka campuran berbagai sayur yang dimasak dengan tambahan kuah santan berbumbu. Sayur lodeh dari Jawa Timur memiliki rasa yang khas karena menggunakan bumbu yang banyak dan beragam rempah.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan sayur lodeh yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved