Langkah Mudah untuk Menyiapkan Sayur kacang merah ala Sunda yang Bikin Ngiler

Mabel Carroll   16/07/2020 16:27

Sayur kacang merah ala Sunda
Sayur kacang merah ala Sunda

Anda sedang mencari ide resep sayur kacang merah ala sunda yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur kacang merah ala sunda yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Kangen sm masakan ini, resep dari nenek dulu. Makannya sm tempe goreng pake kerupuk. Sayur kacang merah bening ini rasanya manis karena pakai gula merah, rasanya sudah pasti enak ya :). .

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur kacang merah ala sunda, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan sayur kacang merah ala sunda enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan sayur kacang merah ala sunda sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Sayur kacang merah ala Sunda menggunakan 15 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Sayur kacang merah ala Sunda:
  1. Sediakan 250 gr kacang merah
  2. Siapkan 8 Butir bawang merah
  3. Gunakan 6 Butir bawang putih
  4. Siapkan 5 Cabe merah
  5. Sediakan 3 batang Daun Bawang
  6. Ambil 2 lembar daun salam
  7. Siapkan 4 cm lengkuas
  8. Sediakan secukupnya Garam dan totole
  9. Siapkan 5 mata Asam jawa
  10. Ambil 60 gr Gula merah (selera)
  11. Sediakan 6 gr Terasi
  12. Siapkan 1 buah tomat
  13. Gunakan 1.5 liter air
  14. Gunakan Tambahan :
  15. Sediakan Sambal Goang (lihat resep)

Bagi anda yang berasal dari daerah Jawa Barat khususnya daerah Sunda tentunya sudah sangat tidak. Apalagi yang dimasak adalah sayur asem ala Sunda. Sayur asem ala Sunda biasanya menggunakan bumbu lengkap dan berbagai jenis sayur. Biasanya juga menggunakan kaldu daging sapi atau ayam untuk memperkaya rasa.

Langkah-langkah menyiapkan Sayur kacang merah ala Sunda:
  1. Cuci tiriskan kacang, masak air
  2. Cuci dan geprek lengkuas, satukan dengan kacang dan daun salam, iris" tomat dan daun bawang, potong cabe atau iris serong
  3. Setelah mendidih masukkan kacang bersama daun salam dan lengkuas, rebus sampai kacang empuk, masukkan asam Jawa
  4. Ulek kasar duo bawang bersama terasi, masukkan kedalam panci siapkan gula merah
  5. Beri garam dan totole, masukkan potongan cabe merah berikut gula merah
  6. Tes rasa, jika sudah pas masukkan irisan daun bawang dan tomat aduk" matikan kompor
  7. Sayur kacang merah ala Sunda siap menemani santap siangnya, lengkapi dengan sambal Goang…..dan kerupuk

Berikut ini kami tampilkan resep dan cara masak sayur asem Sunda yang mudah dibuat di rumah. Bumbu Halus Kacang merah dibuat menjadi sebuah sayur? Bagaimana bisa membayangkan rasa dari salah satu resep masakan sunda sehari - hari di rumah ala Bersihkan dan cuci kacang merah hingga bersih. Siapkan air pada panci lalu rebus kacang merah hingga setengah. Sayur asem Sunda pun menggunakan kacang tanah yang sudah dikupas dari kulitnya, berbeda dengan sayur asem Betawi yang umumnya merebus kacang tanah masih bersama kulitnya.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat sayur kacang merah ala sunda yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved