Cara Gampang Menyiapkan Wajik Ketan Gula Merah, Lezat

Derek Hoffman   21/06/2020 14:59

Wajik Ketan Gula Merah
Wajik Ketan Gula Merah

Lagi mencari inspirasi resep wajik ketan gula merah yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal wajik ketan gula merah yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari wajik ketan gula merah, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan wajik ketan gula merah yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Source:Dhiah oddie.jajanan tradisional yang enak dan legit ini selalu jadi favoritku.saya coba resep mba dhiahoddie.yuk ini Bismillah, perdana buat wajik ketan gula merah. Alhamdulillah berhasil secara pernah dikasih sama tetangga pas dimakan ketannya masih kemletis. Wajik ketan umumnya dibuat dengan tambahan gula merah sehingga didapatkan warna gelap kecoklatan.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan wajik ketan gula merah sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Wajik Ketan Gula Merah menggunakan 7 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Wajik Ketan Gula Merah:
  1. Gunakan 500 gr beras ketan
  2. Ambil 250 ml santan asli (tanpa campuran air)
  3. Ambil 300 gr gula merah
  4. Gunakan 5 sdm gula pasir
  5. Gunakan 3 lembar daun pandan
  6. Ambil 1/2 sdt garam halus
  7. Gunakan 100 ml air untuk melarutkan gula

Resep kue lupis ketan gula merah Wajik ketan merupakan camilan manis yang sering disajikan di acara hajatan. Yuk simak resep wajik ketan gula merah khas Jawa tersebut di sini. Ada wajik yang dibuat dari beras ketan dan gula merah, ada yang menggunakan gula kelapa, dan lainnya.

Cara menyiapkan Wajik Ketan Gula Merah:
  1. Rendam beras ketan selama kurleb 2 jam.
  2. Larutkan gula pasir,gula merah, garam dengan air. Aduk2 hingga semua larut.
  3. Saring larutan gula, tuang kembali ke dalam panci. Masukkan beras ketan, aduk2 dan tambahkan santan kental. Nyalakan dgn api kecil saja, tambahkan santan kental.
  4. Setelah santan meresap ke dlm ketan, matikan api. Pindahkan ke dalam kukusan. Beri daun pandan kukus selama 30 mnt
  5. Olesi loyang/ kotak plastik dengan minyak. Masukkan ketan, tekan tekan hingga berbentuk rata.
  6. Tunggu dingin, wajik siap dipotong.

Bahan utama kue wajik gula merah adalah beras ketan putih dan gula merah. Dengan demikian untuk menghasilkan rasa kue wajik yang enak dan legit tentunya harus menggunakan bahan yang berkualitas baik. Dan satu lagi cara membuatnya harus sesuai dengan petunjuk yang benar. Cara Membuat Wajik Ketan Gula Merah Legit. Resep Wajik Ketan Anti Gagal Enak Legit Rasa Original.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Wajik Ketan Gula Merah yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved