Resep Bolu kukus gula merah susu (gulmersu) yang Enak Banget

Rodney Ryan   07/07/2020 23:27

Bolu kukus gula merah susu (gulmersu)
Bolu kukus gula merah susu (gulmersu)

Lagi mencari inspirasi resep bolu kukus gula merah susu (gulmersu) yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal bolu kukus gula merah susu (gulmersu) yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Bolu Kukus Anti Eneeeugk, Anti Seret, Anti Lengket. Teeeploooon kaliiii aaahh.wkwkwkk 😂 Insyaallah di jamin Nagih. Cara membuat bolu kukus gula merah.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bolu kukus gula merah susu (gulmersu), mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan bolu kukus gula merah susu (gulmersu) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat bolu kukus gula merah susu (gulmersu) sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Bolu kukus gula merah susu (gulmersu) menggunakan 9 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Bolu kukus gula merah susu (gulmersu):
  1. Sediakan 250 gram gula merah
  2. Siapkan 200 ML susu UHT full cream (saya pakai ultra)
  3. Sediakan 200 gram tepung terigu (segitiga biru)
  4. Ambil 2 butir kuning telur
  5. Ambil 1 sdt baking soda
  6. Gunakan 1 sdt baking powder
  7. Siapkan 1 sachet vanila
  8. Ambil 1/4 sdt garam
  9. Sediakan 80 ML minyak goreng

Ambil "Gula Merah", lalu sisir kasar. Lanjut rebus bersama semua sisa "Bahan-B", masak dengan api sedang sambil diaduk sampai mendidih. Bolu kukus menggunakan gula putih atau gula merah sama saja rasa keduanya manis. Hanya saja jika menggunakan gula merah, warnanya akan terlihat lebih agak kecoklatan serta harumnya terasa lebih sedap.

Cara menyiapkan Bolu kukus gula merah susu (gulmersu):
  1. Larutkan gula merah dan susu UHT. Tambahkan vanila, garam kemudian masak gula merah sampai larut. Lalu dinginkan
  2. Setelah larutan gula dingin, saring agar ampas gula tidak ikut ke dalam adonan lalu tambahkan terigu yang sebelumnya sudah di campur dengan baking soda dan baking powder. Lalu ayak bersamaan. Secara bertahap sampai habis dan adonan rata.
  3. Masukkan kuning telur aduk sampai rata. Panaskan kukusan dengan api besar sampai mendidih. Jangan lupa tutup nya pakai kain bersih biar tidak menetes pada adonan
  4. Tambahkan minyak sayur sedikit demi sedikit sambil terus di aduk sampai rata. Siapkan cetakan masukkan adonan ke dalam cetakan. Jangan sampai full (tadi saya lupa adonan diisi sampai full jadi pada meluber keluar 😂) lalu kukus selama 25 menit
  5. Selamat menikmati

Dari pada panjang lebar, langsung saja simak resepnya dibawah ini. Ada banyak sekali variasi bolu, salah satunya bolu kukus gula merah. Selain memberikan rasa manis alami yang khas, gula merah juga akan memberikan warna kecoklatan yang cantik pada kue bolu kukus. Rasanya juga khas Nusantara sekali karena menggunakan gula merah. Cara Membuat Bolu Kukus Gula Merah.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat bolu kukus gula merah susu (gulmersu) yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved