Cara Gampang Membuat SAYUR LODEH khas jawa tengah yang Bikin Ngiler

Dollie Valdez   05/11/2020 16:27

SAYUR LODEH khas jawa tengah
SAYUR LODEH khas jawa tengah

Lagi mencari ide resep sayur lodeh khas jawa tengah yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur lodeh khas jawa tengah yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur lodeh khas jawa tengah, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan sayur lodeh khas jawa tengah yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Ya sayur lodeh tersebut merupakan sayur lodeh yang berasal dari Jawa Tengah. Sayur lodeh ini tidak akan kalah nikmat dengan sayur lodeh jenis lainnya. Dan di bawah ini akan kami sajikan respe serta cara membuat sayur lodeh khas Jawa Tengah khusus untuk anda.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan sayur lodeh khas jawa tengah sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat SAYUR LODEH khas jawa tengah menggunakan 17 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan SAYUR LODEH khas jawa tengah:
  1. Siapkan santan kental
  2. Sediakan santan encer,bisa diganti air biasa
  3. Ambil cabe ijo
  4. Gunakan cabe merah
  5. Ambil cabe rawit setan
  6. Siapkan bawang merah
  7. Siapkan bawang putih
  8. Siapkan salam
  9. Sediakan Tempe bosok(sy skip krn ga punya)
  10. Siapkan daun tunas,potong2
  11. Siapkan nangka muda,direbus
  12. Sediakan tempe.iris
  13. Ambil kacang panjang
  14. Gunakan minyak utk menumis
  15. Siapkan garam
  16. Ambil gula
  17. Gunakan penyedap/kaldu jamur

Di Jawa, biasanya sayur lodeh banyak dijajakan di warung-warung makan kecil. Karena termasuk ke dalam sajian kuliner Nusantara, sayur lodeh bandrol dengan harga yang cukup murah. Biasanya harga sayur lodeh untuk satu porsi berkisar mulai dari Rp. Lihat juga makanan khas jawa tengah asli.

Cara menyiapkan SAYUR LODEH khas jawa tengah:
  1. Sipakan bahan.Tumis duo bawang,daun salam dan aneka cabe hingga harum
  2. Masukkan nangkauda rebus dan tempe,lalu masukkan santan bening.tutup panci.didihkan terlebih dahulu
  3. Masukkan kacang panjang,daun tunas,santan kental.lalu bumbui dgn garam,gula dan penyedap.koreksi rasa.angkat dan sajikan

Makanan khas Batang ini memang banyak macamnya serta terkadang kita baru pertama kali mendengarnya. Namun sayur lodeh nangka ini merupakan sayur lodeh dari nangka muda yang kemudian dicampur bersama dengan nasi sebagai pengganti. Masak Sayur Lodeh Jawa yang Sederhana Yuuk. Sayur lodeh adalah masakan sayur yang berkuah santan khas Indonesia, terutama di daerah Jawa Tengah. Sayur lodeh Jawa menjadi salah satu jenis kuliner Jawa yang banyak digemari.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan SAYUR LODEH khas jawa tengah yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved