Bagaimana Menyiapkan Kue Lumpang Gula Merah, Sempurna

Henry Flores   04/07/2020 15:41

Kue Lumpang Gula Merah
Kue Lumpang Gula Merah

Sedang mencari inspirasi resep kue lumpang gula merah yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal kue lumpang gula merah yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Semua bahan kue lumpang gula merah dimasak dengan api sedang sampai gula merah hancur, setelah itu tunggu sampai dingin. Rebus gula merah dengan sedikit air sampai larut dinginkan suhu ruangan. Kue lumpang gula merah ini pun cukup disukai karena rasanya yang legit tersebut.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kue lumpang gula merah, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan kue lumpang gula merah yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan kue lumpang gula merah sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Kue Lumpang Gula Merah menggunakan 8 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Kue Lumpang Gula Merah:
  1. Siapkan tepung terigu
  2. Sediakan tepung tapioka/kanji
  3. Ambil daun pandan
  4. Sediakan gula merah
  5. Gunakan air
  6. Siapkan gula pasir
  7. Ambil Taburan: 1/4 butir kelapa setengah tua,kupas kulit ari,parut
  8. Siapkan garam

Resep Kue lumpang putih bisanya hanya menggunakan gula pasir, kue lumpang coklat menggunakan gula merah atau gula jawa, sedangkan kue lumpang hijau menggunakan daun pandan. Kue lumpang putih bisanya hanya menggunakan gula pasir, kue lumpang coklat menggunakan gula merah atau gula jawa, sedangkan kue lumpang hijau menggunakan daun pandan. Misalnya kue lumpang dapat dibuat menggunakan gula pasir atau gula putih, dan kue lumpang juga dapat dibuat dengan menggunakan gula merah. Meskipun demikian, kefuanya akan memiliki rasa yang sama-sama enak dan empuk, selamat mencoba.

Cara menyiapkan Kue Lumpang Gula Merah:
  1. Rebus gula merah,gula pasir,daun pandan dan air hingga gula larut,angkat,saring,biarkan uap panas hilang.
  2. Kukus kelapa dan garam +/-10 menit,angkat,sisihkan.
  3. Dalam wadah,masukkan tepung terigu dan tepung tapioka/kanji,aduk rata. Tuang larutan gula,aduk rata hingga tidak ada adonan yg bergumpal,saring.
  4. Oleskan cetakan kue talam dg sedikit minyak,tuang adonan hingga hampir penuh,kukus +/-15 menit atau sampai matang.
  5. Angkat,biarkan uap panas hilang.
  6. Lepaskan dr cetakan,taburi dg kelapa parut,sajikan. Selamat mencoba…😊😊

Resep Yang di Cari Pengunjung Resep NDoro PUTRI. Suka banget sama lesung pipi nya???? Resep kue basah kali ini yakni cara membuat kembang tahu dapat dibilang gampang gampang susah. Resep kembang tahu sebenarnya merupakan hasil kreasi baru. Dengan tambahan jahe dan gula merah jadilah penganan yang hangat dan enak.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Kue Lumpang Gula Merah yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved