Resep Bolu Kukus Gula Merah Eggless (tanpa telur), Bisa Manjain Lidah

Stephen Curry   14/10/2020 10:47

Bolu Kukus Gula Merah Eggless (tanpa telur)
Bolu Kukus Gula Merah Eggless (tanpa telur)

Lagi mencari ide resep bolu kukus gula merah eggless (tanpa telur) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal bolu kukus gula merah eggless (tanpa telur) yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

BOLU PISANG MEKAR NO TELUR NO MIXER - Banana Cake Eggless. Tinggal Aduk Saja Hasilnya Mantap !!! eittsss wajib simak Tips Anti gagalnya ya, karena ga sedikit. Cara membuat bolu kukus tanpa mixer dan tanpa telur tetap menghasilkan bolu kukus yang mekar dan enak.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bolu kukus gula merah eggless (tanpa telur), mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan bolu kukus gula merah eggless (tanpa telur) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah bolu kukus gula merah eggless (tanpa telur) yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Bolu Kukus Gula Merah Eggless (tanpa telur) menggunakan 9 bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Bolu Kukus Gula Merah Eggless (tanpa telur):
  1. Gunakan Gula Merah (disisir)
  2. Sediakan Gula pasir
  3. Siapkan Air
  4. Siapkan Daun pandan (simpulkan/potong2 jd bbrp bagian)
  5. Gunakan Tepung terigu (me, 🔼 biru)
  6. Ambil minyak sayur
  7. Gunakan baking powder (me, BPDA)
  8. Sediakan garam
  9. Gunakan bubuk kayu manis (cinnamon powder)

Lanjut rebus bersama semua sisa "Bahan-B", masak dengan api sedang sambil diaduk sampai mendidih. Siapkan wadah lalu masukan "Kuning Telur", "Gula", "Soda Kue" dan "Baking Powder". Aduk memakai whisk atau mixer hingga pucat dan ngembang. Bolu kukus sederhana terbuat dari bahan-bahan tersebut, tanpa filling dan toping.

Langkah-langkah menyiapkan Bolu Kukus Gula Merah Eggless (tanpa telur):
  1. Rebus air bersama gula merah,gula pasir,garam dan daun pandan sampai mendidih dan gula larut…
  2. Campur jadi satu dlm wadah tepung terigu,bpda,cinnamon powder aduk rata dgn whisk
  3. Lalu tuang rebusan air gula merah yg sdh dingin.. jgn lupa disaring agar kotoran2ny tdk terbawa kdlm adonan
  4. Aduk rata adonan dgn whisk sampai adonan licin & tdk ada yg bergerindil…
  5. Masukkan minyak sayur lalu aduk rata lg sampai tdk ada minyak yg mengendap
  6. Tuang adonan kdlm cup kertas sampai penuh,saya tuang krg lebih sebyk 3/4 cup (cup kertasny ditaruh didlm cetakkan bolu kukus)
  7. Masukkan bolu kukus kdlm dandang yg telah beruap banyak.. jgn lupa tutup dandang dialasi dgn kain agar air tdk menetes kdlm adonan kukus mengunakan api besar selama 20 menit..
  8. Stlh 20 menit angkat… harum wangi gula merah dn kayu manis semerbak….👍👌 cocok ditemani dgn secangkir kopi atau teh hangat dipagi hari… 😌
  9. Tips : -agar bolu kukus mekar merekah gunakan api besar selama mengukus dn jgn buka tutup kukusan sblm 20 menit - ukur air dlm dandang sebyk 1 buku jari tengah jgn terlalu byk nanti air menciprat k atas membuat bolkus menjadi bantat

Resep bolu kukus juga bisa menggunakan gula merah. Pemakai gula yang berbeda ini bisa menjadi variasi untuk kue. Bolu kukus menggunakan gula putih atau gula merah sama saja rasa keduanya manis. Hanya saja jika menggunakan gula merah, warnanya akan terlihat lebih agak kecoklatan serta harumnya terasa lebih sedap. Dari pada panjang lebar, langsung saja simak resepnya dibawah ini.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan bolu kukus gula merah eggless (tanpa telur) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved