Cara Gampang Membuat Sayur asem rumahan mantap Anti Gagal

Jordan Hoffman   01/12/2020 08:24

Sayur asem rumahan mantap
Sayur asem rumahan mantap

Anda sedang mencari inspirasi resep sayur asem rumahan mantap yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur asem rumahan mantap yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Lihat juga resep Sayur Asam Manis๐Ÿ˜–๐Ÿ‹ enak lainnya. Brilio.net - Sayur asem merupakan masakan favorit banyak orang. Selain mudah dibuat rasanya Meski sayur asem beragam, tapi semua rasanya enak kok.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur asem rumahan mantap, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan sayur asem rumahan mantap yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat sayur asem rumahan mantap sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Sayur asem rumahan mantap memakai 21 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Sayur asem rumahan mantap:
  1. Sediakan 2 buah jagung manis (di potong sesuai selera)
  2. Gunakan Kacang panjang secukupnya potong memanjang
  3. Siapkan Kacang tanah
  4. Ambil Melinjo
  5. Gunakan Labusiam besar potong kotak
  6. Siapkan Nangka muda
  7. Sediakan secukupnya Daun melinjo
  8. Siapkan Kol (boleh pake boleh tidak)
  9. Ambil Bumbu halus
  10. Gunakan 4 siung bawang merah
  11. Siapkan 2 siung bawang putih
  12. Sediakan 2 cabai merah besar (buang bijinya ya)
  13. Ambil 3 cabai keriting
  14. Sediakan 2 cabai rawit merah
  15. Siapkan 4 butir kemiri
  16. Sediakan Asam jawa (ambil airnya saja)
  17. Sediakan Terasi (boleh pakai boleh tidak)
  18. Sediakan Pelengkap rasa
  19. Gunakan Garam
  20. Ambil Gula
  21. Ambil Kaldu ayam / kaldu jamur

Sesuai namanya, rasa asem-lah yang membuat kelezatannya dinantikan oleh banyak orang, terkhusus masyarakat Betawi. Resep sayur asem dari berbagai daerah mudah sederhana ala rumahan. Sayur asem Jawa Tengah, Jawa Timur, sayur asem Sunda, Jakarta, Betawai, dan Masak sayur asem itu terkenal super mudah pake banget deh pokoknya. Nggak perlu lama-lama, cukup beberapa menit aja udah jadi lauk makan.

Cara menyiapkan Sayur asem rumahan mantap:
  1. Panaskan 1,5 liter air, kemudian masukkan jagung muda dan kacang tanah terlebih dahulu
  2. Haluskan semua bumbu (boleh di blender), pakai air asam jawa yang sudah di siapkan sebelumnya
  3. Masukkan melinjo, nangka muda, kacang panjang serta labusiam.. diamkan hingga 8 menit.. kemudian masukkan bumbu halus ke dalam air rebusan. Tambahkan gula, garam, serta kaldu (koreksi rasa)
  4. Setelah itu, masukkan semua sayuran yang belum di masukkan sebelumnya.. diamkan sambil aduk sesekali dengan api kecil
  5. Hingga semua empuk terasa pas, matikan kompor dan sayur asam mantap siap di sajikan bersama dengan nasi hangat dan ikan asin ๐Ÿ˜…

Aneka resep masakan sayur asem mantap sederhana asli khas jakarta, sunda, jawa timur, jawa tengah. Cara membuat bumbu masak sayur asem bening sederhana yang enak. Sayur asem memiliki kenikmatan dan kesegarannya saat makan siang dan udara panas, wow mantap. Resep sayur asem banyak ditemukan di berbagai daerah seperti Jakarta, Jawa Timur, Sunda, dan Jawa Tengah. Masakan ini terkenal akan rasanya yang segar dan bahan-bahannya mudah didapat.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Sayur asem rumahan mantap yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved