Resep Kue tetu/lampu-lampu Manado/kue perahu Anti Gagal

Bernard Stewart   20/08/2020 01:34

Kue tetu/lampu-lampu Manado/kue perahu
Kue tetu/lampu-lampu Manado/kue perahu

Sedang mencari ide resep kue tetu/lampu-lampu manado/kue perahu yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal kue tetu/lampu-lampu manado/kue perahu yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Jajanan nusantara kue tradisional khas Manado ini dikenal luas dengan sebutan kue lampu-lampu. Kue basah berbahan tepung beras ini cukup unik, selain bercita rasa manis gula Kue berbentuk seperti perahu ini juga mirip kue yang dikenal dengan sebutan kue tetu yang populer di Mandar. resep kue tetu (kue perahu) khas palu selteng. Kue perahu atau biasa disebut padamaran menjadi salah satu penganan tradisional Jambi.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kue tetu/lampu-lampu manado/kue perahu, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan kue tetu/lampu-lampu manado/kue perahu yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan kue tetu/lampu-lampu manado/kue perahu sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Kue tetu/lampu-lampu Manado/kue perahu memakai 7 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Kue tetu/lampu-lampu Manado/kue perahu:
  1. Ambil secukupnya Daun Pandan Besar
  2. Ambil 1 cup atau 200 gram tepung terigu
  3. Ambil 2 sdm tepung beras
  4. Gunakan 3 cup santan kekentalan sedang
  5. Gunakan 1 sdt garam
  6. Ambil Secukupnya Gula merah (bisa diganti dengan gula pasir)
  7. Siapkan Note : "1 cup = 240 ml"

Tak hanya di Palu, kue ini juga ada di Gorontalo (popaco) dan Manado (kue Panada terkenal di Manado dan sekitarnya. Kudapan ini terinspirasi dari bangsa Spanyol dan Portugis yang sempat bertandang ke pulau Sulawesi beratus. Memiliki nama yang unik, kue lampu lampu ini berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Terbuat dari tepung terigu, gula dan santan yang kemudian dibungkus dengan daun pandan menjadi salah satu kue terlaris pada saat bulan puasa.

Cara menyiapkan Kue tetu/lampu-lampu Manado/kue perahu:
  1. Siapkan daun Pandan, tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda.
  2. Lipat kedua ujung daun lalu ujung daun dirobek menjadi 3 bagian. Lipat dan sambungkan (pertemukan) kedua ujung robekan ke tengah lalu klip/hekter
  3. Siapkan gula merah. Sisir atau parut gula merah dan masukkan ke dalam perahu Pandan. Jangan terlalu banyak jika tidak terlalu suka manis.
  4. Campurkan terigu, garam, santan, dan tepung beras. Aduk hingga tercampur rata dan tak ada gumpalan. Saring adonan.
  5. Panaskan kukusan sampai air mendidih. Masukkan perahu Pandan yang telah diberi gula merah ke dalam kukusan dan tuang adonan ke dalam perahu Pandan.
  6. Kukus dengan api kecil, bungkus tutup kukusan dengan kain bersih. Kukus ±7-10 menit lalu angkat dan tiriskan.
  7. Kue tetu gula merah siap di sajikan. Jika suka dingin, tunggu hingga uap panas hilang lalu masukkan ke dalam kulkas.
  8. Selamat Mencoba..

Nah, berhubung bulan puasa masih lama, GULAKU menyajikan resep. Riris benar benar menikmatinya, maka setelah melihat lampu hijau seperti itu, kedua tanganku sudah berada pada dua buah dada ranumnya. Oh alangkah nikmatnya tanganku bermain disana, meremas remas sambil kupelintir kedua puting susunya dengan ibu jari dan telunjukku. Kue lampu-lampu, kue manis yang satu ini cukup sederhana untuk diolah, terlebih untuk menjadi camilan disore hari. Kali ini chef Kapau dan Ichun hadir untuk berbagi resep dan kiat dalam mengolah kue lampu-lampu olahan Masak.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Kue tetu/lampu-lampu Manado/kue perahu yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved