Langkah Mudah untuk Membuat Kue Tetu Gula Aren yang Bikin Ngiler

Joel Horton   28/11/2020 04:40

Kue Tetu Gula Aren
Kue Tetu Gula Aren

Lagi mencari inspirasi resep kue tetu gula aren yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal kue tetu gula aren yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Gula aren atau Gula merah adalah pemanis yang dibuat dari nira yang berasal dari tandan bunga jantan pohon enau. Gula aren biasanya juga diasosiasikan dengan segala jenis gula yang dibuat dari nira, yaitu cairan yang dikeluarkan dari bunga pohon dari keluarga palma, seperti kelapa, aren. Resep kue tradisional khas sulawesi kue tetu, atau dikenal sebagai kue pelita didaerah lain di Indonesia.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kue tetu gula aren, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan kue tetu gula aren enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan kue tetu gula aren sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Kue Tetu Gula Aren memakai 12 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Kue Tetu Gula Aren:
  1. Siapkan 4 butir telur ayam
  2. Sediakan 1/4 sdt garam
  3. Gunakan 150 gram gula pasir (saya gula aren, ngga terlalu manis)
  4. Siapkan 1/2 sdt tbm
  5. Ambil 200 gram tepung terigu ayak
  6. Gunakan 100 ml santan dari 1/2 butir kelapa (pake kara di tambah 35 ml air)
  7. Siapkan Glasur:
  8. Ambil 200 ml santan
  9. Sediakan 1/8 sdt garam
  10. Gunakan 1 lembar daun pandan
  11. Gunakan 1 1/2 sdm maizena (modifikasi)
  12. Gunakan 1 sdm gula pasir (modifikasi, biar manis)

Sejatinya, kue tetu ini terbuat dari bahan dasar tepung dan juga gula aren yang dihaluskan namun dikarenakan zaman yang terus berkembang maka kue tetu ini sering di modifikasi isiannya seperti mengganti gula aren dengan gula pasir agar rasanya lebih nikmat. tapi. Kue tetu ini bisa disebut juga dengan kue perahu, pepaco, lampu-lampu atau di daerah lain disebut kue jorong jorong. Kue tetu ini berbahan dasar utama yaitu dari tepung dengan campuran tepung terigu dan gula aren ini sangat pas untuk disantap saat sore hari. Gula aren adalah salah satu jenis gula alami yang dibuat menggunakan bahan alami dari buah aren.

Cara menyiapkan Kue Tetu Gula Aren:
  1. mixer gula+telur+tbm sampai mengembang
  2. masukkan bergantian terigu + santan, aduk balik
  3. masukkan ke loyang tulban (saya bulat) yg telah di oles margarin+tabur tepung. Kukus selama 20menit
  4. glazur: Campur semua bahan jd satu. dimasak sambil diaduk dgn api sedang sampai mendidih
  5. siram di atas kue yg telah matang. dinginkan, potong sajikan
  6. Aslinya di kukus lg, tp saya krn pake maizena jd ngga dikukus lg krn mengental sndiri glazurnya

Tekstur gula aren juga lebih kental ketimbang gula merah yang lebih cair. Maka dari itu gula aren lebih disukai untuk dijadikan kinca pada kue atau minuman es tradisional, seperti bubur sumsum dan es dawet. Belakangan gula aren populer untuk bahan minuman boba brown sugar atau es kopi susu. Cara mengurangi porsi gula dalam kue kering. Makan kue kering tidak cukup satu, bukan?

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan kue tetu gula aren yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved