Cara Gampang Menyiapkan Kue Lampu-Lampu khas manado(tepung terigu), Bisa Manjain Lidah

Cory McDaniel   19/08/2020 20:37

Kue Lampu-Lampu khas manado(tepung terigu)
Kue Lampu-Lampu khas manado(tepung terigu)

Anda sedang mencari inspirasi resep kue lampu-lampu khas manado(tepung terigu) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal kue lampu-lampu khas manado(tepung terigu) yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kue lampu-lampu khas manado(tepung terigu), pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan kue lampu-lampu khas manado(tepung terigu) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Kue lampu-lampu kue jaman dulu yang sehat di konsumsi dan rasanya gurih, manis gula aren dan juga lembut di mulut. Jajanan nusantara kue tradisional khas Manado ini dikenal luas dengan sebutan kue lampu-lampu. Namanya kue lampu-lampu khas Manado.ini adalah jajanan tradisional kota Manado yg namanya uniik dengan rasa yg enaaak 🤩🤤 Penasaran rasanya ?

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat kue lampu-lampu khas manado(tepung terigu) yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Kue Lampu-Lampu khas manado(tepung terigu) menggunakan 8 bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Kue Lampu-Lampu khas manado(tepung terigu):
  1. Gunakan 5 helai Daun pandan besar(untuk cetakan)
  2. Ambil 500 gram tepung terigu
  3. Siapkan 200 gram tepung ketan (saya pake Rose brand)
  4. Sediakan 2 buah kelapa
  5. Ambil Gula merah untuk isian,sesuai selerah
  6. Siapkan 500 ml air.(untuk meremas kelapa menjadi santan kentalnya sj)
  7. Siapkan secukupnya Garam
  8. Sediakan secukupnya Vanilli

Kue khas Manado, Sulawesi Utara ini dibuat dari campuran adonan tepung terigu, tepung beras, gula merah, daun pandan, daun suji, dan santan. Kue lampu-lampu sendiri sudah menjadi menu khas berbuka puasa masyarakat Manado. Bahkan, kue ini menjadi kue yang paling laris dibeli. Selain kue lampu-lampu kudapan lain yang juga namanya cukup unik adalah kacang goyang.

Langkah-langkah membuat Kue Lampu-Lampu khas manado(tepung terigu):
  1. Capur tepung terigu dan tepung ketan hingga rata.
  2. Kelapanya saya buat santan bersama 500 ml air tadi yaa bun.saya hanya mengambil air perasan pertama saja.
  3. Selanjutnya campur tampuran tepung,,santan,,vanilli & garam hingga larut. Tingkat kekentalanya bisa di atur sesuai selerah,,jika terlalu kental,,bisa di tambain air sedikit.sisihkan.
  4. Gula merahnya di cincang kecil.
  5. Pandan besarnya(pandan yg biasnya di buat wadah ketupat)saya bentuk menjadi cetakan dan saya beri sedikit isian gula merah.isian nya tergantung selerah yaa bun,,
  6. Selanjutnya panaskan kukusan untuk mengukus kuenya,,saran saya airnya tunggu mendidih dulu yaa bun,,terus isi cetakan pandan tadi dengan adonan tepung yg sdh di siapkan sebelumnya,,kukus -+ 5-7 menit hingga matang.
  7. Angkat & sajikan.😊
  8. Karena saya suka dengan hal baru,,makanya saya pake kan toping yaa bund,,topingnya sesuai selerah aja.

Makanan khas Manado terkenal dengan cita rasa pedas dan bumbu khas yang menggoda selera. Kue apang terbuat dari tepung beras dan tepung terigu mempunyai rasa gurih manis. Kue tradisional khas Manado ini berbahan dasar sama dengan jenis kue Manado lainnya. Kue Lampu-Lampu ini termasuk khas Manado, makanan ini berwarna hijau dan dibungkus dengan daun pisang. Terbuat dari tepung terigu Nah, demikianlah beberapa oleh-oleh khas Manado yang patut Anda ketahui.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Kue Lampu-Lampu khas manado(tepung terigu) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved