Resep Soto Bandung Nasi Merah yang Bikin Ngiler

Corey Reed   08/07/2020 00:24

Soto Bandung Nasi Merah
Soto Bandung Nasi Merah

Lagi mencari ide resep soto bandung nasi merah yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto bandung nasi merah yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto bandung nasi merah, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan soto bandung nasi merah yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Soto tanpa santan ini biasa disantap dengan nasi dan kerupuk. Soto tanpa santan ini biasa disantap dengan nasi dan kerupuk. Pertama kali tahu soto bandung gegara dulu Papa mertua sering masak makanan berkuah bening ini.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan soto bandung nasi merah sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Soto Bandung Nasi Merah menggunakan 21 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Soto Bandung Nasi Merah:
  1. Siapkan Bahan utama:
  2. Siapkan 200 gr daging sapi
  3. Sediakan 1 buah lobak
  4. Siapkan 3 liter air untuk merebus
  5. Ambil 2 cm jahe
  6. Ambil 1 lembar daun salam
  7. Gunakan 3 lembar daun jeruk
  8. Siapkan 1 batang serai
  9. Sediakan 2 sdt garam
  10. Siapkan 1 tangkai daun bawang
  11. Sediakan 1 tangkai seledri
  12. Gunakan Bumbu halus:
  13. Siapkan 3 siung bawang putih
  14. Sediakan 5 siung bawang merah
  15. Gunakan 1 sdt garam
  16. Ambil 1 sdt lada
  17. Siapkan Pelengkap:
  18. Sediakan 100 gr nasi merah
  19. Siapkan 1 mangkok kecil sambal
  20. Sediakan 50 gr kacang kedelai goreng
  21. Siapkan 2 sdm bawang goreng

Sebagai ibukota dari provinsi Jawa Barat, membuat Bandung menjadi kota metropolitan yang dikatakan tidak pernah tidur. Soto Bulat disajikan dengan kuah merah, sedangkan Soto Oseng dengan kuah kuning. Selain kedua soto tadi, ada juga menu lainnya yaitu Soto Betawi Soto Bandung sangat enak disantap dengan nasi putih, sambal hijau, juga kerupuk. Sangat cocok untuk dijadikan santap siang, apalagi di musim.

Langkah-langkah membuat Soto Bandung Nasi Merah:
  1. Bahan utama: Potong dadu daging sapi, rebus di air mendidih selama 15 menit. Saring kuahnya agar lemak/ gajih banyak terbuang.
  2. Sambil menunggu daging sapi, kupas lobak, cuci bersih, potong” dan rebus di air mendidih selama 5 menit beri sedikit garam. Angkat dan tiriskan.
  3. Tumis bumbu halus, tuang kaldu daging, daging & lobak tambahkan serai, daun salam, daun jeruk, jahe, daun selederi dan daun bawang. Masak selama 10 menit dan icipi rasa. Taburi bawang goreng sedikit.
  4. Sajikan di atas mangkok, beri taburan daun bawang/ selederi jika Anda suka. Tambahkan kacang kedelai goreng dan bawang goreng.
  5. Nikmati selagi hangat dengan nasi merah dan sambal jika Anda suka. Anak saya aja suka karena kuah nya sedaaappppp banget 🤤

Language: Share this at bawang merah goreng. Menurut saya pribadi Soto Bandung lebih menyerupai sup daripada resep soto lainnya yang umumnya berbumbu kompleks dan komplit. Di Bandung terdapat beragam varian soto yang bisa kamu nikmati. Nah, berikut ini ada rekomendasi beberapa soto terenak di Kota Kembang yang Sementara nasi putihnya ditaburi bawang goreng dan remasan kerupuk yang renyah. Dipatiukur (seberang Unpad Dipati Ukur), Kota Bandung.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan soto bandung nasi merah yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved