Cara Gampang Menyiapkan Bakso cuanki / udang yang Bisa Manjain Lidah

Gerald Watson   19/08/2020 12:53

Bakso cuanki / udang
Bakso cuanki / udang

Anda sedang mencari inspirasi resep bakso cuanki / udang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal bakso cuanki / udang yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bakso cuanki / udang, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan bakso cuanki / udang yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Cuanki adalah jajanan sejenis bakso khas Bandung. Padahal, cuanki dan bakso malang punya perbedaan yang cukup mencolok, lho! Cuanki sering disebut sebagai bakso bandung.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah bakso cuanki / udang yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Bakso cuanki / udang menggunakan 21 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Bakso cuanki / udang:
  1. Siapkan bahan BAKSO :
  2. Gunakan 250 gr udang kupas, bersihkan kotoran dipunggung (kulit dan kepala jangan dibuang untuk buat kaldu kuah)
  3. Siapkan 6 sdm tepung sagu (kira2 75 gr)
  4. Gunakan 2 sdm tepung segitiga biru (kira2 20 gr)
  5. Siapkan 1 batang daun bawang, hijaunya saja (cincang halus)
  6. Siapkan 2 bh putih telur dingin
  7. Gunakan 3 siung bawang putih goreng (cincang kasar, goreng)
  8. Gunakan Secukupnya air matang (bisa pake atau tidak)
  9. Sediakan Seujung sdt merica
  10. Ambil 1/2 sdt kaldu jamur
  11. Ambil Secukupnya garam dan gula
  12. Siapkan 1 sdm minyak + air secukupnya untuk rebus bakso
  13. Gunakan Bahan KUAH :
  14. Sediakan 3 siung bawang putih (cincang kasar)
  15. Ambil Kepala dan kulit udang
  16. Gunakan 1 batang daun bawang (iris tipis)
  17. Gunakan 1 bh Wortel, pot serong(optional, anak saya suka wortel)
  18. Sediakan Secukupnya sawi hijau
  19. Gunakan 1 liter air
  20. Sediakan Secukupnya garam, gula, merica dan kaldu jamur
  21. Sediakan bahan Pelengkap : Bawang goreng

Tak hanya dari dalam kota, tapi juga luar kota seperti Jakarta. Sudah pernah mencoba jenis bakso cuanki? Bakso satu ini sudah terkenal dimana - mana. Bakso khas Bandung ini terbuat dari bahan daging ikan, dan aneka bahan lain.

Langkah-langkah menyiapkan Bakso cuanki / udang:
  1. BAKSO: - 1. Rebus air + 1 sdm minyak sampai mendidih - 2. haluskan udang + d. Bwg + b.pth goreng (saya pake blender) lalu pindahkan kemangkok, masukkan putih telur, campur2 pake tangan hingga tercampur rata. 3. Masukkan campur tep. Terigu+ sagu +merica+kaldu jamur+ gula dan garam kedlm adonan udang, campur pake tangan hingga rata - 4. tambah air kalau bakso blm bs dibentuk bulat - 6. Bulatkan adonan, pakai bantuan sendok, masukkan kedlm air mendidih, masak sampai bakso mengapung dan matang, tiriskan
  2. Tips waktu ngeblender adonan : kalo adonannya susah diblender boleh ditambah air sedikit aja disini (sedikit saja agar blendernya gampang, saya pake 1-2 sdm aja airnya)
  3. Cara buat KUAH : - 1. tumis bawang putih hingga layu dan wangi, masukkan wortel, kepala dan kulit udang, tumis sebentar - 2. Masukkan air, tutup kuali, masak sampai wortel lembut, masukkan sawi, masak sampai sawi matang - 3. Masukkan daun bawang, garam, gula, kaldu jamur dan merica, cicip dan koreksi rasa - 4. Matikan api
  4. Cara penyajian : tuang kuah, masukkan bakso udang, tabur bawang goreng

Bakso Cuanki ini tak hanya dapat dinikmati di Bandung, namun di kota sekitarnya juga Ambil tahu, lalu belah bagian tengahnya dan isi dengan adonan bakso yang tersisa di. Bakso or baso is an Indonesian meatball, or a meat paste made from beef surimi. Its texture is similar to the Chinese beef ball, fish ball, or pork ball. The word bakso may refer to a single meatball or the complete dish of meatball soup. Resep Bakso Cuanki Bandung Sederhana Spesial Asli Enak.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat bakso cuanki / udang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved