Resep 7. Sambal teri, jengkol, terong ungu, tempe, Sempurna

Ryan Phillips   14/10/2020 19:25

7. Sambal teri, jengkol, terong ungu, tempe
7. Sambal teri, jengkol, terong ungu, tempe

Lagi mencari inspirasi resep 7. sambal teri, jengkol, terong ungu, tempe yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal 7. sambal teri, jengkol, terong ungu, tempe yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari 7. sambal teri, jengkol, terong ungu, tempe, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan 7. sambal teri, jengkol, terong ungu, tempe enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Ada sambal kemangi, teri, terong, bawang, tempe, tomat, bajak, cumi, hingga jengkol. Lalu yang menjadi favorit di sini adalah sambal jengkol, bawang, terasi, dan pete. Jika berbicara soal sambal, rasanya lidah langsung bergoyang.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah 7. sambal teri, jengkol, terong ungu, tempe yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat 7. Sambal teri, jengkol, terong ungu, tempe memakai 12 jenis bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan 7. Sambal teri, jengkol, terong ungu, tempe:
  1. Ambil 1/2 ons Teri tanjung
  2. Ambil 1 papan Tempe kecil harga Rp.1000 an
  3. Ambil 5 biji Jengkol goreng belah potong dua
  4. Gunakan 1 batang Terong ungu besar
  5. Sediakan Bumbu halus:
  6. Ambil 5 buah Bawang merah
  7. Sediakan 3 buah Bawang putih
  8. Siapkan 1 ons Cabe merah saya (karna suka banyak cabe)
  9. Ambil 1 buah Tomat
  10. Siapkan secukupnya Garam
  11. Ambil sesuai selera Penyedap
  12. Gunakan Minyak untuk menggoreng

Sambal terong paling cocok dipadukan dengan ikan asin, tempe goreng dan tahu goreng. Sambal tumpang juga nyaris sama populernya dengan sambal terong. Banyak juga yang menyukainya dari segi kekhasan rasa dan tingkat kepedasannya yang pas. Untuk hidangan tengahari hari sabtu lepas, selain Masak Asam Pedas Ayam di SINI, saya juga menyediakan Tempe Goreng Ikan Bilis.

Cara membuat 7. Sambal teri, jengkol, terong ungu, tempe:
  1. Pertama-tama cuci dulu teri sisihkan
  2. Potong potong terong, jengkol tempe sesuai selera bentuknya
  3. Goreng tempe terlebih dahulu angkat, lalu goreng terong ungu mateng angkat, seterusnya goreng jengkol mateng angkat dan goreng teri mateng angkat.
  4. Saat proses menggoreng haluskan cabe,bawang, tomat tadi.
  5. Setelah menggoreng selesai dan cabe sudah dihaluskan masak cabe tadi dengan api sedang.
  6. Beri garam dan penyedap. Beri gula (opsional)
  7. Setelah masak matikan kompor tunggu dingin.
  8. Setelah dingin baru campurkan semua bahan yang telah di goreng tadi.
  9. Sajikan

Coba masak jadi sayur kuah santan berempah yang sedap ini. KOMPAS.com - Masak terung ungu menjadi hidangan sayur bersantan tidak kalah enak dengan sajian sayur bersantan lain Baca juga: Resep Rujak Kangkung Khas Kuningan, Sajikan Pakai Sambal Asem. Terong ungu sendiri merupakan jenis tanaman terong yang buahnya memiliki warna ungu dengan bentuk bulat memanjang dengan ukuran daun yang besar. Warna bunganya mulai dari putih hingga ungu disertai dengan batang tanaman yang memiliki duri. Resep sambal goreng terong enak praktis.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat 7. sambal teri, jengkol, terong ungu, tempe yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved