Resep Terong Ungu Sambal Ijo yang Bikin Ngiler

Mabel Carlson   19/11/2020 16:44

Terong Ungu Sambal Ijo
Terong Ungu Sambal Ijo

Lagi mencari ide resep terong ungu sambal ijo yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal terong ungu sambal ijo yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari terong ungu sambal ijo, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan terong ungu sambal ijo yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Assalamu'alaikum Bunda² yang solehah,disini saya akan memberikan resep dan cara membuat Sayur Terong Sambal Ijo yang sangat nikmat dan pedasss!!!membuatnya. Aduk dan masak sebentar hingga bumbu sambal ijo meresap ke dalam terong. Bikin menu ala terong balado yuk.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah terong ungu sambal ijo yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Terong Ungu Sambal Ijo menggunakan 10 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Terong Ungu Sambal Ijo:
  1. Sediakan 1 kg terong ungu
  2. Siapkan garam halus secukupnya untuk menggarami terong
  3. Ambil Sambal ijo
  4. Siapkan 3 siung bawang putih
  5. Sediakan 5 siung bawang merah
  6. Sediakan 100 gr cabe ijo (jika suka pedas tambahkan cabe rawit ijo)
  7. Sediakan 2 bh tomat ijo
  8. Siapkan 2 lbr daun jeruk iris tipis
  9. Sediakan 1 saset terasi
  10. Sediakan secukupnya garam, gula, minyak goreng

Warna bunganya mulai dari putih hingga ungu disertai dengan batang tanaman yang memiliki duri. Terong adalah sayuran yang mudah tumbuh. Terong dapat ditanam di lahan bedengan, tegalan, ladang, pekarangan rumah, polybag, dan banyak lainnya. Karena itu, Anda dapat mengolahnya sesuai dengan lahan yang Anda miliki.

Langkah-langkah membuat Terong Ungu Sambal Ijo:
  1. Belah terong ungu menjadi 4 bagian tanpa putus lengkap beserta pangkal buahnya, cuci, tiriskan dan bumbui secukupnya garam halus. Goreng dalam minyak panas hingga matang, angkat dan tiriskan.
  2. Rebus 1/2 matang bahan sambal kecuali terasi dan daun jeruk. Kemudian angkat lalu haluskan semua bahan sambal kasar-kasar saja (jangan sampai halus) Panaskan sedikit minyak dan tumis sambal, cek rasa. Angkat.
  3. Sajikan terong goreng di atas wadah saji dengan toping sambal ijo. Lebih enak jika disajikan dengan nasi hangat dan tempe goreng. Selamat menikmati <3

Resep Terong Balado Sambal Ijo. www.youtube.com. Bahan utama : Terong ungu secukupnya. Ketiga, adalah membuat sambal ijo, dan tidak menggunakan cabai merah tetapi cabai hijau. Sambal cabe ijo meruakan sambal khas dari tanah minang. Biasanya sambal cabe ijo ini disajikan sebagai pelengkap hidangan masakan padang.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Terong Ungu Sambal Ijo yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved