Bagaimana Menyiapkan Balado Terong Ungu, Bisa Manjain Lidah

Hester Ballard   09/07/2020 04:04

Balado Terong Ungu
Balado Terong Ungu

Anda sedang mencari inspirasi resep balado terong ungu yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal balado terong ungu yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari balado terong ungu, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan balado terong ungu enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Resep Terong Balado - Menu makanan terong balado merupakan salah satu primadona masakan yang berasal dari suku minangkabau, Sumatra Barat. Cita rasanya pedas seperti pada masakan. Menu yang akan kami berikan kali ini adalah resep balado terong ungu teri pedas.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan balado terong ungu sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Balado Terong Ungu menggunakan 9 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Balado Terong Ungu:
  1. Gunakan 4 buah terong ungu ukuran sedang
  2. Gunakan 4 siung Bawang merah
  3. Gunakan 2 siung Bawang putih
  4. Gunakan 13 buah Cabe merah keriting
  5. Ambil 5 buah Cabe hijau kecil (opsional sesuai selera)
  6. Sediakan secukupnya Trasi sedikit (dibakar/digoreng terlebih dahulu)
  7. Sediakan 2 butir Miri
  8. Ambil 1 buah Tomat (pilih yg agak besar tp jangan terlalu besar)
  9. Sediakan Kecap manis

Sayur adalah bahan pentingnya, salah satunya adalah terong. Terong Balado adalah masakan padang-gaya, tidak hanya disukai oleh penduduk Sumatera Barat, tetapi juga populer di seluruh nusantara, bahkan di luar negeri. Terong ungu sendiri merupakan jenis tanaman terong yang buahnya memiliki warna ungu dengan bentuk bulat memanjang dengan ukuran daun yang besar. Cooking With Chef Norman - Kreasi Spesial Terong Balado.

Cara membuat Balado Terong Ungu:
  1. Iris terong dan rendam menggunakan sejumput garam
  2. Haluskan bawang putih, bawang merah, cabai keriting dan cabai hijau, trasi yg sudah dibakar, miri, dan terahir tomat. Ulek merata.
  3. Panaskan minyak. Goreng terong setengah matang. Sisihkan.
  4. Panaskan minyak ke wajan yg baru dan masukkan bumbu yg sudah di ulek, tambahkan royko/magi, gula, garam, kecap manis secukupnya, dan micin (sesuai selera)
  5. Masukkan terong dan aduk sebentar hingga bumbu meresap.
  6. Angkat dan sajikan.

Terong hijau bisa diolah menjadi pecel terong, sayur lodeh, dan bahkan balado terong laiknya terong ungu. Dari segi khasiat, terong hijau punya khasiat yang tak jauh beda dengan terong-terong lainnya. Cari produk Sayuran lainnya di Tokopedia. Jual beli online aman dan nyaman hanya di Tokopedia. Balado terong merupakan masakan tradisional Indonesia yang banyak diminati oleh masyarakat Tumis terong ungu yang dikolaborasikan dengan ikan teri bisa dijadikan sebagai pilihan menu makan.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat balado terong ungu yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved