Cara Gampang Membuat soto Betawi isi babat, ayam n daging Anti Gagal

Ray Medina   09/09/2020 04:16

soto Betawi isi babat, ayam n daging
soto Betawi isi babat, ayam n daging

Sedang mencari ide resep soto betawi isi babat, ayam n daging yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto betawi isi babat, ayam n daging yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Soto babat Betawi adalah salah satu jenis olahan makanan yang terbuat dari berbagai potongan babat serta diberi dengan tambahan berupa sebuah kuah yang kental. Jenis menu makanan ini terbuat dengan santan yang memiliki citrarasa dengan bumbu rempah yang cukup kuat. Soto Ayam (Chicken Soto) Soto Daging (Beef Soto) Soto Lamongan (Lamongan style Soto) Soto Betawi (Jakarta style Soto) Sroto (Pekalongan Soto Babat - Beef Tripe Soup -.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari soto betawi isi babat, ayam n daging, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan soto betawi isi babat, ayam n daging yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan soto betawi isi babat, ayam n daging sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat soto Betawi isi babat, ayam n daging menggunakan 26 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan soto Betawi isi babat, ayam n daging:
  1. Gunakan 100gr daging
  2. Ambil 100gr babat
  3. Sediakan 100gr ayam
  4. Siapkan 1,5 Liter air
  5. Ambil 4cm lengkuas di geprek
  6. Ambil 100ml santan
  7. Ambil 50gr susu bubuk putih
  8. Ambil 3 lembar daun salam
  9. Siapkan 5lembar daun jeruk
  10. Siapkan 2batang daun serai
  11. Ambil bahan yang dihaluskan
  12. Siapkan 10 bawang merah
  13. Ambil 5 bawang putih
  14. Siapkan 3 cm kunyit
  15. Gunakan 4 butir kemiri
  16. Gunakan secukupnya lada bubuk
  17. Siapkan 1 sdm ketumbar
  18. Sediakan 1 sdt jintan
  19. Ambil 15gr gula merah
  20. Siapkan secukupnya garam
  21. Sediakan bahan pelengkap
  22. Ambil bawang goreng
  23. Ambil tomat
  24. Gunakan sambel
  25. Sediakan kecap manis
  26. Ambil jeruk nipis

Rebus ayam atau sapi hingga dagingnya lunak. Sisihkan daging tersebut kemudian potong dengan bentuk. Yang mempopulerkan dan pertama memakai kata Soto Betawi adalah penjual soto di THR Lokasari. Selain daging sapi, jeroan seperti paru, usus, dan babat juga digunakan sebagai bahan baku soto ini.

Langkah-langkah menyiapkan soto Betawi isi babat, ayam n daging:
  1. rebus daging, babat dan ayam dengan 1,5 Liter air hingga empuk. jika dirasa sudah empuk tiriskan tapi air nya jangan di buang.
  2. tumis bumbu halus, masukan daun salam, daun jeruk, lengkuas n daun serai. tumis hingga harum.
  3. masukan tumisan bumbu tadi kedalam air rebusan daging aduk hingga mendidih, masukan santan dan susu. aduk terus perlahan jgn sampai santan pecah. setelah tercampur matikan api. soto siap dihidangkan dengan bahan pelengkap.

Karena belum pahan cara masak daging jadi diganti ayam aja deh. Kali ini bikin Soto Betawi pakai daging ayam aja ya😁, dan saya tambahkan ceker ayam, karena kesukaan sikecil juga😍, baru pertama kali ini bikin. Sebagai alternatif soto ayam, mungkin Anda juga bisa mencoba menyajikan soto dari daging sapi. Bagaimana cara membuat soto daging yang enak dan tidak eneg di lidah? Berikut ini kami sajikan resepnya untuk Anda.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan soto Betawi isi babat, ayam n daging yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved