Resep Soto Betawi Daging Kepala Sapi Anti Gagal

Tyler Ramos   28/11/2020 03:24

Soto Betawi Daging Kepala Sapi
Soto Betawi Daging Kepala Sapi

Anda sedang mencari inspirasi resep soto betawi daging kepala sapi yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal soto betawi daging kepala sapi yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto betawi daging kepala sapi, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan soto betawi daging kepala sapi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Resep cara membuat soto betawi daging sapi, ini adalah salah satu menu favorit saat lebaran tiba terutama saat lebaran Qurban. Resep soto daging sapi kuah bening sedap. Resep soto betawi daging empuk hemat gas !

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat soto betawi daging kepala sapi yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Soto Betawi Daging Kepala Sapi menggunakan 22 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Soto Betawi Daging Kepala Sapi:
  1. Sediakan 1 kg daging kepala sapi
  2. Gunakan 700 ml air untuk merebus
  3. Gunakan 2 liter air untuk kuah
  4. Sediakan 2 buah santan kara
  5. Siapkan 250 ml susu uht+500ml air(umi skip/abi kagak suka)
  6. Ambil secukupnya Garam, gula, penyedap, lada bubuk
  7. Sediakan Bumbu Halus
  8. Gunakan 11 buah bamer
  9. Ambil 9 buah baput
  10. Gunakan 7 buah Kemiri
  11. Gunakan 1 saset ketumbar halus
  12. Gunakan 2 cm jahe
  13. Ambil 3 buah serai, memarkan
  14. Gunakan 3 cm lengkuas, memarkan
  15. Ambil 3 buah daun salam
  16. Ambil Bahan Pelengkap:
  17. Sediakan Emping goreng
  18. Gunakan Bawang goreng
  19. Gunakan Daun bawang(pot kecil)
  20. Siapkan Kentang goreng
  21. Siapkan Tomat
  22. Siapkan Jeruk limo

Ragam dan aneka kuliner di tanah air memang semakin hari semakin beragam. Salah satu resep paling lagendaris dari hidangan ibu kota adalah soto Betawi. Soto yang sudah ada sejak jaman dulu ini rupanya masih bertahan dan bahkan eksistensinya belum terkalahkan. Soto betawi merupakan kuliner khas Betawi dari soto santan dengan isian daging sapi beserta jeroan dan organ sapi dan hewan lainnya seperti ayam.

Langkah-langkah membuat Soto Betawi Daging Kepala Sapi:
  1. Siapkan semua bahannya.
  2. Rebus sebentar daging kepala sapi buang airnya, lalu Presto daging kepala sapi kurleb 7 menit, biarkan hingga uapnya hilang dan presto bisa dibuka, sisihkan
  3. Sebelum bumbu diblender, bumbu digoreng sebentar untuk menghilangkan bau langunya, angkat lalu blender hingga halus.
  4. Tumis bumbu halus hingga harum lalu tambahkan bumbu kering aduk rata, lalu masukan air, santan adik hingga rata dan matang, tambahkan garam, gula dan lada, jangan lupa tes rasa, angkat dan sajikan.
  5. Penyajian: ambil daging kepala sapi secukupnya, lalu isi bahan pelengkap, tuang kuah soto betawi.

Ketupat babanci disajikan dengan daging kepala sapi. Selain daging kepala sapi, ditambahkan juga serutan kelapa srundeng yang ditumbuk halus. Soto Betawi merupakan soto yang populer di daerah Jakarta. Seperti halnya soto Madura dan soto sulung, soto Betawi juga menggunakan jeroan. Selain jeroan, sering kali organ-organ lain juga disertakan, seperti mata, terpedo, dan juga hati.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan soto betawi daging kepala sapi yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved