Cara Gampang Menyiapkan Soto Betawi yang Lezat

Lawrence Steele   06/11/2020 01:25

Soto Betawi
Soto Betawi

Anda sedang mencari ide resep soto betawi yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto betawi yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Lihat juga resep Soto Betawi enak lainnya. Soto Betawi Haji Husein serves delicious soto. However, there's a dish, known as Soto Betawi, which originates right in Jakarta, and it's one of the must eat Indonesian dishes when you're in the city.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto betawi, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan soto betawi yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat soto betawi sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Soto Betawi menggunakan 22 bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Soto Betawi:
  1. Siapkan 250 gr daging sandung lamur
  2. Sediakan 250 gr kikil yg sudah di cuci dan rebus
  3. Gunakan 250 gr babat yg sudah di cuci dan rebus
  4. Siapkan Bumbu Halus
  5. Ambil 4 siung bawang merah
  6. Sediakan 5 siung bawang putih
  7. Siapkan 3 buah kemiri sangrai
  8. Ambil 1 ruas jahe (kurleb 2cm)
  9. Sediakan 1/2 sdk teh ketumbar dan jinten
  10. Siapkan Bumbu pelengkap
  11. Gunakan 3 buah sereh geprek
  12. Sediakan 3 lembar daun salam
  13. Gunakan 5 lembar daun jeruk
  14. Siapkan 1 ruas lengkuas geprek (kurleb 2 cm)
  15. Gunakan 1 buah kayu manis
  16. Ambil 3 biji cengkeh
  17. Gunakan 200 cc santan
  18. Sediakan 250 cc susu full cream cair
  19. Siapkan 1 buah kentang
  20. Siapkan Bawang Goreng
  21. Ambil Daun bawang dan seledri
  22. Sediakan 2 buah Tomat

Soto Betawi merupakan soto yang populer di daerah Jakarta. Seperti halnya soto Madura dan soto sulung, soto Betawi juga menggunakan jeroan. Selain jeroan, sering kali organ-organ lain juga disertakan, seperti mata, terpedo, dan juga hati. Resep dengan petunjuk video: Soto Betawi merupakan makanan khas Masyarakat Betawi Jakarta.

Langkah-langkah membuat Soto Betawi:
  1. Masak air 500cc sampai mendidih. Kemudian masukkan daging sandung lemur, masak sampai empuk. Jika belum empuk tambahkan air panas ya jangan ditambah air dingin biar dagingnya ngga makin lama empuknya.
  2. Haluskan bumbu halus. Tumis bumbu halus dengan ditambah sereh, lengkuas, daun salam, daun jeruk, cengkeh, kayu manis sampai harum.
  3. Masukkan bumbu yg sudah ditumis ke air rebusan daging. Masukkan juga babat dan kikilnya. Masak sampai mendidih. Matikan api sisihkan.
  4. Ambil dagingnya kemudian goreng sampai kecoklatan. Kemudian potong potong sesuai selera. Ini juga untuk babat dan kikil ya. Hanya saja kikil dan babat ngga perlu di goreng cukup potong sesuai selera
  5. Potong kentang ukuran dadu dan goreng. Kemudian sisihkan
  6. Masak kembali kuah soto tambahkan santan dan susu sambil diaduk ya biar ngga menggumpal. tambahkn Gula Garam secukupnya boleh juga ditambah bumbu penyedap tp ini sesuai selera aja ya. Setelah mendidih sisihkan.
  7. Penyajian siapkan mangkok masukkan kentang, irisan tomat, irisan daging, kikil dan babat. Tambahkan irisan daun bawang dan seledri (sesuai selera) dan tuangkan kuah soto tambahkan bawang goreng, jeruk nipis dan dilengkapi dengan emping dan sambal. Soto betawi siap dihidangkan.
  8. Untuk sambalnya cukup rebus cabe rawit, bawang putih. Tambahkan kemiri sangrai haluskan dan tambahkan kuah soto sedikit saja.

Soto asli ibu kota ini terkenal dengan isian soto tersebut yaitu jeroan, yang terkadang disertakan juga. Resep soto betawi ini bisa jadi pilihan di saat ingin menyantap yang hangat-hangat, tanpa santan dan susu yang membuat kuah jadi 'thick' di lidah. Soto Betawi merupakan salah satu jenis soto khas Nusantara yang paling digemari. Berkuah putih dan cukup kental, soto Betawi ada yang terbuat dari santan kelapa atau susu. Tradisional restaurant, really crowded not only at lunch time.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Soto Betawi yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved