Resep Soto betawi yang Sempurna

Ellen Morris   13/10/2020 03:41

Soto betawi
Soto betawi

Anda sedang mencari ide resep soto betawi yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal soto betawi yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Lihat juga resep Soto Betawi enak lainnya. Soto Betawi Haji Husein serves delicious soto. However, there's a dish, known as Soto Betawi, which originates right in Jakarta, and it's one of the must eat Indonesian dishes when you're in the city.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto betawi, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan soto betawi yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah soto betawi yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Soto betawi menggunakan 29 bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Soto betawi:
  1. Sediakan 500 gram daging sapi
  2. Sediakan bagian sengkel kembang kalau suka urat, bisa dicampur babat, kikil, tergantung selera aja
  3. Sediakan 1 bungkus kecil santan kara
  4. Sediakan 300 ml susu uht (kalau ga mau tambahin aja santannya ya)
  5. Siapkan 5 lbr daun jeruk
  6. Siapkan 3 lbr daun salam
  7. Sediakan 3 batang serai
  8. Gunakan 5 buah cengkeh
  9. Ambil 1/4 sdt pala bubuk
  10. Siapkan 2 es ruas jari kayu manis
  11. Siapkan 1 sdt Kaldu ayam
  12. Gunakan Merica
  13. Gunakan Garam
  14. Gunakan Gula
  15. Siapkan Bumbu halus:
  16. Siapkan 6 siung bawang merah
  17. Sediakan 3 siung bawang putih
  18. Gunakan 4 cm laja
  19. Gunakan 2 cm jahe
  20. Ambil 5 buah kemiri yang sudah di sangrai
  21. Ambil 1 sdt ketuncar yang sudah disangrai
  22. Sediakan 1/4 sdt jinten
  23. Siapkan 1 cm kunyit
  24. Gunakan Bumbu pelengkap:
  25. Sediakan Kentang kotak yang digoreng
  26. Gunakan Tomat iris sesuai selera bentuknya
  27. Sediakan Emping
  28. Ambil Daun bawang
  29. Sediakan Bawang goreng

Soto Betawi merupakan soto yang populer di daerah Jakarta. Seperti halnya soto Madura dan soto sulung, soto Betawi juga menggunakan jeroan. Selain jeroan, sering kali organ-organ lain juga disertakan, seperti mata, terpedo, dan juga hati. Resep dengan petunjuk video: Soto Betawi merupakan makanan khas Masyarakat Betawi Jakarta.

Langkah-langkah membuat Soto betawi:
  1. Blender semua bumbu halus sampai benar benar halus. Supaya blender ga macet, tambahkan 3 sdm minyak goreng, 3-4 sdm air. Atau tergantung keadaan kalau blendernya masih susah jalan, bisa tambahkan airnya sedikit demi sedikit sampai dirasa sudah bisa muter dengan sempurna
  2. Bumbu yang diblender disangrai di wajan sampai harum. Saya tidak menambahkan lagi minyak, karena tadi minyaknya sudah dimasukan di bumbu halus. Tapi kalau wajannya masih nempel juga, tambahin dikit aja minyaknya.
  3. Daging beri air secukupnya di dalam presto, masukkan bumbu yang sudah disangrai tadi. Masukan daun salam, daun jeruk, sereh, cengkeh, garam, merica, gula. Masak kurang lebih 45 menit sejak presto berbunyi. Atau sampai daging empuk sesuai selera sih..
  4. Oh iya kalau pakai babat, pastikan sebelum disatukan dengan daging, direbus dulu buang baunya ya. Biasa saya sih suka direbus pakai daun salam dan jahe kurang lebih 10 menit lalu buang air rebusannya. Kalau saya biasa suka 2x buang air sih. Supaya menghilangkan baunya.
  5. Balik lagi ke daging yang sudah dipresto sesuai selera ya, buka tutup prestonya. Masukkan santan dan susu sambil diaduk pelan pelan. Sebenernya susu ini fleksibel aja sih mau pakai apa engga, tapi saya lebih suka pakai susu karena kayaknya lebih sehat daripada santan. Kalau rasa lebih creamy sih pakai susu. Aduk sesekali selama kurang lebih 15 menit.
  6. Setelah itu, kita tinggal koreksi rasa. Kalau aku masukin kaldu ayamnya di sini nih, karena ga suka terlalu lama dimasak makanan yang sudah diberi kaldu.
  7. Dan selesailah sudah proses memasaknya. Sekarang kita tinggal sajikan saja sesuai selera.
  8. Ambil mangkok /panci kecil, masukkan daging, kentang yang sudah digoreng, tomat dan jangan lupa bubukkan emping ya sebelum bawang daun dan bawang goreng.. Karena aroma dari emping ini mempengaruhi soto betawi.. terakhir siram dengan kuah panas..(biasa saya menyiapkan sesuai kebutuhan aja banyaknya setiap hendak makan, ga sekaligus dimasukin ke panci pas soto baru matang. Maksudnya sih supaya fresh aja)
  9. Semoga bermanfaat ya…😍

Soto asli ibu kota ini terkenal dengan isian soto tersebut yaitu jeroan, yang terkadang disertakan juga. Resep soto betawi ini bisa jadi pilihan di saat ingin menyantap yang hangat-hangat, tanpa santan dan susu yang membuat kuah jadi 'thick' di lidah. Soto Betawi merupakan salah satu jenis soto khas Nusantara yang paling digemari. Berkuah putih dan cukup kental, soto Betawi ada yang terbuat dari santan kelapa atau susu. Tradisional restaurant, really crowded not only at lunch time.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat soto betawi yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved