Bagaimana Menyiapkan Soto Betawi kuah susu yang Enak

Evelyn Hansen   19/11/2020 15:44

Soto Betawi kuah susu
Soto Betawi kuah susu

Lagi mencari inspirasi resep soto betawi kuah susu yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto betawi kuah susu yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Soto Betawi jadi gurih dan legit dengan mengganti santan menjadi Susu Indomilk! Resep lengkap bagaimana cara membuat Soto Betawi Kuah Susu dapat dilihat di. Bahan bahan. -daging sapi & kentang . -susu full cream . -santan -bawang putih & bawang merah , lada hitam -daun salam , daun jeruk , serai , kayu manis .

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari soto betawi kuah susu, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan soto betawi kuah susu yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan soto betawi kuah susu sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Soto Betawi kuah susu memakai 28 jenis bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Soto Betawi kuah susu:
  1. Siapkan 1/2 kg daging sapi (potong4)
  2. Siapkan 1/2 kg paru
  3. Ambil 1/2 kg kikil
  4. Gunakan 1 L susu UHT (sy pake susu ultra)
  5. Ambil 6 sdm susu bubuk (sy pake susu dencow)
  6. Gunakan Bumbu halus:
  7. Siapkan 8 btr bwg merah
  8. Sediakan 5 btr bwg putih
  9. Ambil 1/2 sdt merica butir
  10. Ambil 1 sdt ketumbar
  11. Siapkan 3 cm jahe
  12. Sediakan Bumbu lainnya:
  13. Ambil 3 lbr daun salam
  14. Ambil 3 btg sereh (geprek)
  15. Sediakan 5 lbr daun jeruk (buang tulangnya)
  16. Siapkan 5 cm kayu manis
  17. Ambil 4 btr kapulaga
  18. Sediakan 5 btr cengkeh
  19. Sediakan 2 btr kembang lawang
  20. Siapkan secukupnya garam, gula putih, penyedap jamur
  21. Siapkan Bahan pelengkap lainnya:
  22. Ambil 2 btr kentang potong kotak2 (goreng)
  23. Gunakan 2 btr tomat potong kotak2 (buang bijinya)
  24. Ambil 1 batang Daun bawang & seledri iris halus
  25. Gunakan sesuai selera Bawang merah goreng
  26. Siapkan sesuai selera Krupuk emping
  27. Gunakan sesuai selera Sambel kacang
  28. Gunakan sesuai selera Acar timun & wortel

Sajian soto yang begitu digilai masyarakat ibu kota ini, memiliki cita rasa yang lezat dengan paduan kuah susu yang lezat. Nah, jika biasanya di daerah kota Namun inilah yang unik dari sajian soto kambing betawi. Kuah susu yang kental dan kaya akan bumbu menjadi jaminan lezat dan nikmatnya. Soto Betawi adalah salah satu hidangan khas ibukota Jakarta dengan kuah santan yang gurih nan kental, beberapa tetelan daging, kerenyahan emping sebagai Variasi soto ini pun semakin banyak sesuai dengan selera masing-masing, mulai dari Soto Betawi Susu, Soto Betawi Ayam, Soto.

Langkah-langkah menyiapkan Soto Betawi kuah susu:
  1. Didihkan air, masukkan daging. Bila air sdh menghitam & ada buihnya, angkat daging dan buang airnya. Lalu rebus daging lg, beri daun salam dan garam. Rebus sampai empuk. Jgn buang airnya, krn unt kuah kaldu.
  2. Di panci yg terpisah rebus jg paru dan kikil, tp jangan jadikan 1 dgn daging. Beri daun salam & garam. Rebus sampai empuk. Angkat paru & kikil, buang airnya.
  3. Goreng daging & paru, kemudian potong2 sesuai yg di inginkan. Kikil jg dipotong2, tp tdk perlu di goreng.
  4. Tumis bumbu halus sampai matang.
  5. Didihkan kembali kaldu daging, tambahankan susu UHT & susu bubuk. Masukkan tumisan bumbu halus & bumbu lainnya. Beri garam, gula putih & penyedap jamur. Rebus sambil diaduk2 supaya susu tdk pecah, sampai harum. Tes rasa bila sdh pas matikan api.
  6. Cara membuat sambel kacang: goreng kacang tanah, cabe & bwg putih. Haluskan semuanya, beri garam & gula. Cairkan dgn air kaldu daging.
  7. Cara membuat acar: potong kotak2 timun (buang bijinya) & wortel. Potong2 bwg merah jg. Dlm mangkok campur air hangat, gula pasir & cuka. Masukkan potongan timun & wortel, bwg merah & cabe rawit hijau. Masukkan dlm kulkas, biarkan semalaman supaya rasanya sdh meresap ke timun dan wortelnya.
  8. Cara penyajian : taruh dlm mangkok, daging, paru, & kikil. Beri potongan tomat & kentang goreng, daun bwg & seledri, bwg goreng. Beri kuahnya, kasih sambal kacang & acar timun. Bila suka beri kecap manis, jangan lupa emping nya ya moms….selamat menikmati 😁🙏

Sesuai dengan namanya, soto betawi kuah susu menyertakan susu cair dalam kuahnya, hal ini dimaksudkan untuk mengurangi kadar lemak dalam kuah sehingga selain bisa menciftakan rasa unik, kandungan lemak dalam kuah soto dapat dikurangi. Soto Betawi susu dan soto Betawi kuah santan, tentunya memiliki cita rasa khas yang berbeda, santan dan susu, keduanya mungkin memberikan rasa gurih, namun tetap saja rasanya akan berbeda satu sama lainnya jika dimasukkan ke dalam resep. Soto Betawi merupakan soto yang populer di daerah Jakarta. Seperti halnya soto Madura dan soto sulung, soto Betawi juga menggunakan jeroan. Selain jeroan, sering kali organ-organ lain juga disertakan, seperti mata, terpedo, dan juga hati.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat soto betawi kuah susu yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved