Resep Japanese Cotton Sponge Cheddar Cheese Cake (Oven Tangkring) yang Lezat

Albert Murray   19/08/2020 21:52

Japanese Cotton Sponge Cheddar Cheese Cake (Oven Tangkring)
Japanese Cotton Sponge Cheddar Cheese Cake (Oven Tangkring)

Lagi mencari inspirasi resep japanese cotton sponge cheddar cheese cake (oven tangkring) yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal japanese cotton sponge cheddar cheese cake (oven tangkring) yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari japanese cotton sponge cheddar cheese cake (oven tangkring), mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan japanese cotton sponge cheddar cheese cake (oven tangkring) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah japanese cotton sponge cheddar cheese cake (oven tangkring) yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Japanese Cotton Sponge Cheddar Cheese Cake (Oven Tangkring) menggunakan 13 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Japanese Cotton Sponge Cheddar Cheese Cake (Oven Tangkring):
  1. Ambil Bahan 1
  2. Sediakan 40 gr tepung terigu
  3. Gunakan 25 ml minyak kelapa
  4. Sediakan 1/2 butir telur utuh
  5. Gunakan 60 ml susu cair
  6. Ambil 165 gr keju cheddar (parut) (1 blok)
  7. Sediakan 3 butir kuning telur
  8. Siapkan Bahan 2
  9. Gunakan 3 butir putih telur
  10. Ambil 40 gr gula
  11. Ambil Sejumput garam
  12. Siapkan 1 sdt air lemon/cuka
  13. Gunakan 1/2 sdt vanili bubuk
Langkah-langkah menyiapkan Japanese Cotton Sponge Cheddar Cheese Cake (Oven Tangkring):
  1. Panaskan susu cair dengan parutan keju (dgn api kecil) hingga larut dan kental. Tiriskan
  2. Panaskan minyak hingga mendidih (tanda ada gelembung2 kecil), masukkan kedalam wadah lalu campurkan dgn terigu, aduk hingga rata, lalu campurkan dgn 1/2 butir telur dan 3 kuning telur, aduk hingga rata, lalu terakhir campurkan dgn susu keju, aduk kembali hingga benar2 rata
  3. Isi air 1-2cm dari loyang kotak. Panaskan 10-15menit didalam oven tangkring (api sedang).
  4. Di wadah berbeda, mixer 3 butir putih telur (dgn kecepatan rendah) hingga berbusa, lalu masukkan air lemon, mixer kembali sebentar, lalu masukkan gula dan garam sedikit demi sedikit, mixer kembali sebentar, dan terakhir masukkan valini bubuk, mixer kembali (dgn kecepatan sedang) hingga adonan menjadi soft peaks
  5. Masukkan 1/2 adonan putih kedalam adonan kuning, aduk lipat (teknik folding) perlahan, ketika sudah rata campurkan semua adonan. Aduk lipat kembali hingga rata.
  6. Masukkan adonan kedalam loyang bulat (ukuran diameter 20 cm) yang sudah dilapisi dgn baking paper. Tepuk2 loyang hingga udara dalam adonan keluar. Masukkan loyang bulat kedalam loyang kotak (berisi air), bake dgn oven tangkring sekitar 50-60menit (dgn api sedang). Kira2 suhunya 170°C ya.
  7. Setelah 50-60menit warna atas kue kuning kecoklatan, keluarkan cake dari oven, tunggu sebentar hingga sedikit dingin, potong & beri topping sesuai selera. Sajikan.. Happy cooking! ✨

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan japanese cotton sponge cheddar cheese cake (oven tangkring) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved