Resep Soto Betawi yang Bisa Manjain Lidah

Vernon Russell   10/08/2020 12:20

Soto Betawi
Soto Betawi

Sedang mencari ide resep soto betawi yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto betawi yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Lihat juga resep Soto Betawi enak lainnya. Soto Betawi Haji Husein serves delicious soto. However, there's a dish, known as Soto Betawi, which originates right in Jakarta, and it's one of the must eat Indonesian dishes when you're in the city.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto betawi, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan soto betawi enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan soto betawi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Soto Betawi menggunakan 27 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Soto Betawi:
  1. Ambil 750 ml santan
  2. Siapkan 750 ml kaldu
  3. Siapkan 2 lembar daun salam
  4. Siapkan 2 lembar daun jeruk
  5. Siapkan 2 batang sereh (memarkan)
  6. Sediakan 2 ruas lengkuas (memarkan)
  7. Gunakan 2 ruas jahe (memarkan)
  8. Siapkan secukupnya Minyak goreng
  9. Sediakan 1 sdm penyedap (sesuai selera)
  10. Siapkan 1 sdm garam (sesuai selera)
  11. Gunakan Bumbu halus
  12. Gunakan 8 siung bawang merah
  13. Sediakan 5 siung bawang putih
  14. Gunakan 2 ruas kunyit (bakar)
  15. Sediakan 5 buah kemiri (sangrai)
  16. Siapkan 1 sdm merica butir
  17. Gunakan 1 sdm ketumbar
  18. Siapkan Bahan Pelengkap
  19. Ambil Kikil
  20. Ambil Kentang goreng
  21. Ambil Tomat (potong)
  22. Sediakan Bawang goreng
  23. Gunakan Daun bawang (potong)
  24. Ambil Sambal
  25. Siapkan Kecap
  26. Gunakan Jeruk nipis
  27. Gunakan Emping

Soto Betawi merupakan soto yang populer di daerah Jakarta. Seperti halnya soto Madura dan soto sulung, soto Betawi juga menggunakan jeroan. Selain jeroan, sering kali organ-organ lain juga disertakan, seperti mata, terpedo, dan juga hati. Resep dengan petunjuk video: Soto Betawi merupakan makanan khas Masyarakat Betawi Jakarta.

Langkah-langkah membuat Soto Betawi:
  1. Haluskan bumbu.
  2. Panaskan minyak. Tumis bumbu beserta daun salam, daun jeruk, sereh, lengkuas, dan jahe. Masak hingga harum dan daun layu.
  3. Masukkan tumisan kedalam panci yang berisi kaldu dan santan. Masak hingga mendidih sambil diaduk. Setelah mendidih tambahkan garam dan penyedap. Aduk hingga rata dan biarkan mendidih kembali.
  4. Siapkan bahan pelengkap.
  5. Tata diatas mangkuk dan guyur dengan kuah. Lalu sajikan.

Soto asli ibu kota ini terkenal dengan isian soto tersebut yaitu jeroan, yang terkadang disertakan juga. Resep soto betawi ini bisa jadi pilihan di saat ingin menyantap yang hangat-hangat, tanpa santan dan susu yang membuat kuah jadi 'thick' di lidah. Soto Betawi merupakan salah satu jenis soto khas Nusantara yang paling digemari. Berkuah putih dan cukup kental, soto Betawi ada yang terbuat dari santan kelapa atau susu. Tradisional restaurant, really crowded not only at lunch time.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Soto Betawi yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved