Resep Kue Pepare Banjar Anti Gagal

Marc Steele   16/10/2020 01:44

Kue Pepare Banjar
Kue Pepare Banjar

Anda sedang mencari inspirasi resep kue pepare banjar yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal kue pepare banjar yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Cara Membuat Kue Pepare - Pertama kali bikin kue pepare yang merupakan salah satu jajanan pasar khas Banjarmasin Kalimantan Selatan. Kalau kata saya sih kue pepare alias kue basah bentuk pare. Perjalanan kali ini singgah di sebuah warung yang bernama "VIKRI SERABI" bertempat Jl.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kue pepare banjar, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan kue pepare banjar enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah kue pepare banjar yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Kue Pepare Banjar memakai 16 bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Kue Pepare Banjar:
  1. Ambil Bahan Isi :
  2. Siapkan 1/2 buah Kelapa setengah tua, bersihkan dari kulit arinya lalu parut panjang = 270 gr
  3. Ambil 150 gr Gula pasir
  4. Siapkan 1 lembar Daun pandan
  5. Ambil 1/2 sdt Garam
  6. Ambil Daun pisang untuk alas
  7. Gunakan Bahan Kulit :
  8. Sediakan 250 gr Tepung ketan putih
  9. Gunakan 1 sdm Air kapur sirih
  10. Gunakan 1 bks Santan instan (sisihkan 1 sdt untuk olesan)
  11. Ambil 100 ml Sari pandan suji (8 lbr Daun suji + 2 lbr Daun pandan wangi + 100 ml Air)
  12. Ambil 1/2 sdt Garam
  13. Siapkan Bahan Olesan :
  14. Gunakan 1 sdt Santan instan
  15. Ambil 2 sdm Air matang
  16. Ambil Sejimpit Garam

Bagi masyarakat Banjar, kue tradisional ini merupakan salah. Kue masubah bentuknya bulat seperti rebana. ID, BANJARMASIN - Kuliner Banjar cukup banyak ragamnya dan masing-masimg daerah. Toko Kue Khas Banjar Kurnia Rasa Hj Rukayah Tarmidji Banjarmasin.

Cara membuat Kue Pepare Banjar:
  1. Buat isian : masukkan diwajan, kelapa parut, gula pasir, garam dan pandan yang digunting agak pendek. Sangrai dengan api sedang sambil terus diaduk-aduk sampai matang dan taneg. Matikan api. Dinginkan.
  2. Buat sari pandan : gunting kecil-kecil daun pandan suji dan wangi. Blender dengan menambahkan air 100 ml). Peras dan buang ampasnya.
  3. Ukur santan dan air sari pandan, total harus sebanyak 225 ml, panaskan tapi tidak usah sampai mendidih, cukup terlihat pinggirannya berbuih. Matikan api. Sisihkan sebentar.
  4. Dalam baskom, masukkan tepung ketan, garam dan air kapur sirih. Tuang santan hangat sedikit-sedikit sambil diaduk menggunakan sendok plastik. Setelah itu ulen dengan tangan sampai adonan kalis.
  5. Ambil adonan secukupnya. Pipihkan lalu beri isian. Tutup rapat, rapikan, lonjong layaknya buah pare. Bagian sambungan hadapkan kebawah.
  6. Buat pola pare dengan bantuan tusuk sate dan garpu. Setelah pola beres, beri alas daun pisang secukupnya. Lakukan sampai habis.
  7. Buat larutan santan untuk olesan, campur 2 sdm air matang dengan 1 sdt santan dan sejimpit garam, aduk rata.
  8. Oles permukaan kue dengan bahan olesan.
  9. Kukus kue sampai matang. Tutup kukusan TIDAK PERLU di bungkus lap bersih ya. Tutup kukusan kudu sering di buka-tutup untuk menghindari kue menggelembung, minimal 2 menit sekali tutupnya dibuka sebentar.
  10. Setelah matang, boleh di oles bahan olesan lagi, tapi aku nggak mengulangnya.
  11. Sajikaann, begitu mateng anak gadisku langsung comot 2 😁. "Enak bunda !" Katanya… dan dpt 2 jempol dari kakak ipar 😄.

Cara Membuat Kue Putri Keraton Hasilnya Empuk Banget. Kue bingka merupakan salah satu kue tradisional Indonesia, tepatnya dari Banjarmasin. Jika ingin mencoba kue ini, kalian bisa cari di toko Banjar Lam Cake yang terletak di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Resep Kue Basah - Kue basah sangat ideal dijadikan sebagai kudapan alternatif camilan di waktu pagi dan sore hari, termasuk saat lapar di luar jam makan. Wadai (kue) papari atau biasa juga disebut dengan wadai pepare merupakan salah satu jajanan tradisional khas Banjar yang terkenal dengan kelegitannya.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat kue pepare banjar yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved