Resep Bingka Berandam (kue khas Banjarmasin) Anti Gagal

Mabel Chavez   18/09/2020 17:03

Bingka Berandam (kue khas Banjarmasin)
Bingka Berandam (kue khas Banjarmasin)

Sedang mencari ide resep bingka berandam (kue khas banjarmasin) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal bingka berandam (kue khas banjarmasin) yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Resep Bingka Barandam khas Banjarmasin Assalammualaikum semua. Di video kali ini aku berbagi resep cara membuat bingka barandam, salah satu kue ciri khas. Bingka Barandam adalah salah satu kue basah khas Kalimantan Selatan, yang hanya ada di bulan Ramadhan.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bingka berandam (kue khas banjarmasin), mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan bingka berandam (kue khas banjarmasin) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan bingka berandam (kue khas banjarmasin) sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bingka Berandam (kue khas Banjarmasin) memakai 10 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Bingka Berandam (kue khas Banjarmasin):
  1. Ambil 6 butir telur bebek (bisa pake telur ayam juga)
  2. Ambil 6 sdm tepung terigu
  3. Siapkan 1 buah vanilie (kemasan bentuk bulat yg kecil)
  4. Sediakan 1 sdt garam
  5. Gunakan Secukupnya margarin
  6. Siapkan Air gula:
  7. Sediakan 9 gelas bintang air putih
  8. Gunakan 30 sdm gula pasir
  9. Ambil 8 lembar daun pandan (dibagi 2 lalu diikat)
  10. Ambil Kayu manis

Kue basah yang satu ini asalnya dari Kalimantan Selatan (Kalsel). Saat Ramadhan, kue ini termasuk primadonanya kue tradisional khas Banjar. Pilihan jenis dan rasanya juga variatif, ada. apahabar.com, BANJARMASIN - Bingka Kentang adalah salah satu kue atau cemilan makanan khas Kalimantan Selatan juga Kalimantan Timur, atau lebih tepatnya adalah cemilan khas dari suku Banjar. Karena keberadaan suku Banjar memang tersebar di kedua wilayah tersebut.

Langkah-langkah membuat Bingka Berandam (kue khas Banjarmasin):
  1. Telur dikocok dengan mixer sampai mengembang, setelah itu tambahkan vanilie + garam + tepung terigu yg sudah diayak, lalu aduk / kocok sebentar saja
  2. Cetakan dan tutup cetakan (saya pakai tutup dari tanah liat) dipanaskan. Setelah panas lalu tuang adonan kedalam cetakan yg sebelumnya diolesi dengan margarin, kemudian tutup dan tunggu kurang lebih 5 menit / sudah matang, lalu angkat
  3. Setelah itu tata dalam piring lalu disiram / direndam dengan air gula (dibiarkan sebentar agar mengembang).. siap dihidangkan😋

Salah satu kue andalan dari banjarmasin adalah kue bingka. Kue bingka ialah panganan yang terbuat dari olahan kentang rebus kemudian dihaluskan dan dicampur menjadi dengan bahan seperti santan, terigu dan lainya. Rasanya lezat dan teksturnya terasa empuk sehingga membuat lidah kita. Bingka Barandam adalah kue basah khas dari BAnjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel). Kue ini terbuBingka Barandamat dari telur dan tepung yang disiram dengan air gula sehingga rasanya manis.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Bingka Berandam (kue khas Banjarmasin) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved