Bagaimana Menyiapkan Soto Tauco Pekalongan, Lezat Sekali

Sara Collins   20/06/2020 18:43

Soto Tauco Pekalongan
Soto Tauco Pekalongan

Lagi mencari inspirasi resep soto tauco pekalongan yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto tauco pekalongan yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Tauto Pekalongan atau Soto Pekalongan (Hanacaraka:ꦠꦻꦴꦠꦺꦴ ꦥꦼꦏꦭꦺꦴꦔꦤ꧀) adalah makanan khas Pekalongan dari dua perpaduan kebudayaan kuliner (Tionghoa dan India) yang menyatu dan terjadi di Pekalongan. Tauto berasal dari Caudo (soto kuliner Tiongkok) dan Tauco bumbu India. Pekalongan - Soto, coto, atau mungkin sauto, sederetan nama tersebut mungkin sudah cukup akrab di telinga para penggemar kuliner nusantara.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari soto tauco pekalongan, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan soto tauco pekalongan yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat soto tauco pekalongan sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Soto Tauco Pekalongan menggunakan 15 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Soto Tauco Pekalongan:
  1. Ambil 250 gr Daging sapi
  2. Ambil 1/2 botol Tauco manis
  3. Siapkan 4 biji Cabe merah besar
  4. Sediakan 9 butir Bawang merah
  5. Ambil 7 butir Bawang putih
  6. Ambil 2 lembar Daun salam
  7. Gunakan 1/2 ibu jari Lengkuas
  8. Sediakan 1/2 sendok teh Kecap manis
  9. Siapkan secukupnya Garam
  10. Sediakan secukupnya Daun bawang untuk garnish
  11. Sediakan secukupnya Seledri untuk garnish
  12. Ambil secukupnya So'un untuk garnish
  13. Siapkan 1 butir Jeruk nipis untuk garnish
  14. Ambil secukupnya Cabe rawit untuk sambal
  15. Sediakan secukupnya Lontong (jika ingin)

Soto Tauto adalah Makana Khas Pekalongan. Menggunakan daging kerbau, kuahnya dicampur Soto Pekalongan merupakan soto yang khas dengan bumbu tauco nya. Soto Tauto atau sering disebut dengan soto tauco, adalah salah satu jenis soto khas dari Pekalongan. Warna coklat ini didapatkan dari kuah tauco yang berbahan dasar dari kedelai.

Langkah-langkah menyiapkan Soto Tauco Pekalongan:
  1. Rebus daging. Masukkan cabe merah dan bawang putih yg belum dipotong kedalam rebusan daging.
  2. Setelah cabe cukup layu, angkat cabe dan bawang putih dari kuah daging. Haluskan dengan ditambah bawang merah
  3. Setelah semua bumbu halus, tumis
  4. Sementara menumis bumbu halus, ambil 3 sendok tauco dari botol, ulek dicobek.
  5. Setelah bumbu mulai wangi, masukkan ulekan tauco yg sudah halus ke tumisan. Tambahkan lagi 4-5 sendok tauco (atau sesuai selera), daun salam, lengkuas. Tumis sampe benar2 matang dan wangi.
  6. Masukkan tumisan ke air rebusan daging. Tambahkan garam dan kecap manis. Bumbui sampe pas rasanya
  7. Setelah daging matang iris2 kotak2 kecil (lebih besar dari dadu), sisihkan. Iris2 daun bawang dan seledri, sisihkan masing2 di mangkuk yg berbeda. Iris jeruk nipis, sisihkan.
  8. Sementara rebus cabe rawit sampai layu, angkat dan haluskan untuk sambal.
  9. Di mangkuk saji… Taruh irisan lontong, soun dan daging yg sudah dipotong2. Beri kuah panas, kemudian taburi irisan seledri dan daun bawang secukupnya. Boleh ditaruh bawang goreng apabila suka. Taruh irisan jeruk nipis dan sambal diatasnya. Sajikan.

Makanan khas Pekalongan lainnya yang tidak kalah enak dan terkenalnya ini adalah tauto atau soto tauco. Here is another famous soto (soup), this time from the city of Pekalongan in Central Java, a place famous for its batik and of course, soto :) Tauto is actually abbreviation of soto tauco, or I guess. Ciri khas dari Soto Pekalongan adalah penambahan Tauco atau fermentasi kacang kedelai sebagai bumbu utama sehingga menghasilkan bau dan rasa yang khas, lain dari soto yang lain Resep Membuat Soto Pekalongan soto khas daerah pekalongan dimana menggunakan bahan inti Tauco tauco adalah hasil fermentasi Kedelai sama seperti Kecap namun belum di jadikan cair dan. Sesendok bumbu tauco diceploskan di atas bahan-bahan itu kemudan diguyur kuah tauco hangat. Soto tauto yang dijualnya dibagi menjadi dua pilihan padanan, yakni dicampur dengan nasi atau.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Soto Tauco Pekalongan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved