Cara Gampang Menyiapkan Ikan Tongkol Sambel Kemangi 🎏 yang Enak

Hunter Quinn   01/10/2020 23:07

Ikan Tongkol Sambel Kemangi 🎏
Ikan Tongkol Sambel Kemangi 🎏

Sedang mencari ide resep ikan tongkol sambel kemangi 🎏 yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal ikan tongkol sambel kemangi 🎏 yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Kali ini saya akan berbagi resep dan cara masak ikan tongkol sambel daun kemangi yang pedas. Ikan tongkol sambal kemangi, ala resep nenek q. Ikan Tongkol - Banyak yang beranggapan bahwa ikan tongkol dengan ikan tuna adalah sama.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ikan tongkol sambel kemangi 🎏, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan ikan tongkol sambel kemangi 🎏 yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat ikan tongkol sambel kemangi 🎏 yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Ikan Tongkol Sambel Kemangi 🎏 memakai 14 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Ikan Tongkol Sambel Kemangi 🎏:
  1. Ambil 12 potong ikan tongkol
  2. Sediakan Bumbu halus:
  3. Ambil 5 cabe merah keriting
  4. Sediakan 20 cabe rawit
  5. Ambil 5 siung bwg merah
  6. Gunakan 3 siung bwg putih
  7. Ambil Bumbu Cemplung:
  8. Siapkan 3 lembar daun jeruk
  9. Gunakan 1 buah belimbing wuluh besar, potong2
  10. Sediakan 1 buah tomat, potong2
  11. Gunakan 1 genggam daun kemangi
  12. Sediakan 1 batang sereh, geprek
  13. Ambil Secukupnya gula merah, garam, kaldu bubuk
  14. Ambil Sedikiit air matang

Jumlah ikan tongkol yang sangat melimpah, membuat harga ikan tongkol sangat terjangkau dibandingkan ikan laut konsumsi lainnya. Selain ekonomis, ikan tongkol juga kaya akan protein loh. Biasanya orang-orang mengolahnya dengan cara digoreng. Namun ada juga yang mengolahnya menjadi sarden, dimasak cabai hijau, balado dan banyak lainnya.

Langkah-langkah menyiapkan Ikan Tongkol Sambel Kemangi 🎏:
  1. Kucuri ikan tongkol dengan air jeruk nipis, diamkan 15menit, lalu goreng hingga setengah kering. Sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus sampai matang, masukan sereh, daun jeruk, hingga wangi.
  3. Tambahkan gula, garam, dan kaldu bubuk, aduk rata. Masukan ikan tongkol yg sudah di goreng, aduk hingga tercampur rata dengan bumbu.
  4. Masukan sedikit air matang, belimbing wuluh, dan tomat. Masak hingga bumbu meresap kedalam ikan.
  5. Aduk2, tes rasa. Sesaat sebelum di angkat, masukan daun kemangi. Aduk sebentar asal kemangi layu. Angkat dan sajikan.
  6. Cobain juga 'ikan garo rica kemangi', gak kalah sedaap 😋 - (lihat resep)

Selain itu tongkol juga cocok dipadukan dengan campuran bahan lain seperti tahu. Cara Membuat Nasi bakar Ikan Tongkol Kemangi pedas Ikan tongkol, sepertinya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, yang telah mengenal dan sering mengkonsumsi ikan ini. Ikan ini merupakan jenis ikan air asin, yang artinya merupakan jenis ikan yang habitatnya berada di lautan. Ikan tongkol diperoleh dengan cara menjaring di laut lepas. ikan tonggol mempunyai sirip yg cepat dam lebar. ikan tenggiri mempunyai duri yg kecil. ikanbkembung mempunyai perut yg besar.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Ikan Tongkol Sambel Kemangi 🎏 yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved