Resep Wajit ketan sunda yang Lezat Sekali

Josephine Barton   19/08/2020 12:31

Wajit ketan sunda
Wajit ketan sunda

Sedang mencari inspirasi resep wajit ketan sunda yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal wajit ketan sunda yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari wajit ketan sunda, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan wajit ketan sunda yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

#WajikSunda adalah makanan atau jajanan khas Sunda Jawa barat. #MembuatWajikSunda sangatlah gampang aslkan kita sudah mengetahui takaran bahan dan proses. Masukkan beras yg sudah dikukus dan kelapa sangrai,aduk terus sampai mengental. Seperti Sunda yang punya makanan bernama Wajit.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah wajit ketan sunda yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Wajit ketan sunda memakai 8 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Wajit ketan sunda:
  1. Siapkan kelapa parut
  2. Ambil beras ketan putih
  3. Sediakan gula merah jawa
  4. Gunakan santan kelapa
  5. Gunakan garam
  6. Ambil daun salam
  7. Gunakan gula pasir
  8. Siapkan perasa makanan (flavour durian)

Wajit Kuih tradisi turun tumurun semangatnya c adik. Wajit ketan terenak ala masakan sunda. Siapa yang tidak thu kudapan yang manis melejit ini. berbahan ketan dan gula merah menjadi khasdari kuliner khas Cililin Kab. Wajit Bandung adalah salah satu ragam kekayaan kuliner di Indonesia.

Langkah-langkah membuat Wajit ketan sunda:
  1. Beras ketan di rendam semalaman,sebelum dikukus beri pewarna terlebih dahulu
  2. Kelapa parut,daun pandan,di sangrai dengan api sedang,sesering mungkin di aduk supaya tidak gosong,hingga warnanya berubah menjadi coklat muda,sisihkan
  3. Kukus beras ketan kurang lebih 30 menit
  4. Cairkan gulmer,santan,garam,gula putih,perasa durian sampai berbuih dan agak menyusut
  5. Masukkan beras yg sudah dikukus dan kelapa sangrai,aduk terus sampai mengental
  6. Setelah dirasa cukup susut,diamkan dalam wadah,biarkan sampai dingin
  7. Bungkus dengan kertas minyak atau bentuk sesuai selera

Kue ini menjadi salah satu menu lebaran yang wajib ada. Wajit mangrupa salah sahiji ti sagala rupa oléh-oléh has Bandung anu jadi primadona. Wajit cililin geus henteu deungeun deui pikeun urang Bandung sarta sakurilingna. Makanan khas sunda Tasikmalaya yang satu ini mempunyai rasa pedas dengan tekstur yang kenyal dan gurih saat dimakan. Wajit Cililin merupakan cemilan khas sunda yang terbuat dari beras ketan, kelapa dan gula merah yang dimasak menjadi satu.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Wajit ketan sunda yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved