Bagaimana Menyiapkan Lumpur Surga (Khas Banjarmasin) yang Enak

Mae Bryant   10/12/2020 14:39

Lumpur Surga (Khas Banjarmasin)
Lumpur Surga (Khas Banjarmasin)

Anda sedang mencari ide resep lumpur surga (khas banjarmasin) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal lumpur surga (khas banjarmasin) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Sesuai dengan namanya, kue lumpur surga emang punya rasa yang surga banget alias enak banget! Ini adalah salah satu makanan khas sari Banjarmasin. Mungkin karena rasanya yang enak banget 😍.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari lumpur surga (khas banjarmasin), mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan lumpur surga (khas banjarmasin) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat lumpur surga (khas banjarmasin) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Lumpur Surga (Khas Banjarmasin) menggunakan 13 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Lumpur Surga (Khas Banjarmasin):
  1. Gunakan Bahan lapisan hijau :
  2. Sediakan 3 btr telur
  3. Siapkan 10 sdm gula pasir
  4. Siapkan 2 sdm tepung terigu
  5. Siapkan 125 ml jus pandan (diblender 6 lbr daun pandan + air)
  6. Sediakan > saring, buang ampasnya
  7. Sediakan 125 ml santan (1 bh kara 65ml + air)
  8. Ambil Bahan lapisan putih :
  9. Ambil 400 ml santan (2 bh kara @65ml + air)
  10. Siapkan 1 sdm tepung beras
  11. Ambil 1 sdm tepung maizena
  12. Siapkan 2 sdm gula pasir
  13. Gunakan Sejumput garam

Kue aslinya biasanya dibuat dari custard yang merupakan campuran susu. Lumpur surga adalah makanan penutup khas Banjarmasin. Lagi kepingin ngemil yang gurih manis. akhirnya pilihan hati jatuh ke si ijo yang dirindukan. Suami dan anak, bapak ibu dan keluarga juga suka banget.

Langkah-langkah menyiapkan Lumpur Surga (Khas Banjarmasin):
  1. Bahan hijau : dalam wadah masukkan telur dan gula, kocok sampai gula larut lalu tambahkan jus pandan, santan lalu tepung terigu. Aduk aduk, saring. Tuang ke dlm cup alum. foil (atau wadah tahan panas), isi 3/4 dari wadahnya. Kukus 20 menit, jgn lupa panaskan kukusan terlebih dahulu dan tutup panci dg serbet bersih supaya air tidak menetes.
  2. Sambil menunggu dikukus, siapkan bahan lapisan putih. Masukkan semua bahan jadi satu, aduk rata lalu masak dg api kecil hingga meletup2 dan mengental sambil terus diaduk. Matikan api
  3. Masukkan bahan lapisan putih ke atas lapisan hijau yg sudah dikukus tadi. Lanjutkan mengukus kurleb 10 menit.
  4. Angkat, diamkan sampai agak dingin lalu masukkan kulkas supaya set. Sajikan dingin dingin lebih nikmat.

Ini adalah lumpur surga, jajanan tradisional ini bertekstur lembut dan beraroma pandan. Cocok banget untuk menu buka puasa, nih. Ini adalah salah satu makanan khas sari Banjarmasin. Nikmati lezat dan sedapnya hidangan kue lumpur surga yang sedap. Seperti namanya hidangan ini akan dapat memanjakan lidah anda dan memberikan sensasi menggoda dari setiap gigitan hidangan ini.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan lumpur surga (khas banjarmasin) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved